Mohon tunggu...
Hewan Peliharaan (ACS)
Hewan Peliharaan (ACS) Mohon Tunggu... ojol

Tukang ojek online dan penulis recehan https://hewandankita.blogspot.com

Selanjutnya

Tutup

Otomotif

Ternyata, Helm Motor Ada Masa Kadaluwarsanya

10 Januari 2019   20:57 Diperbarui: 10 Januari 2019   21:00 0 6 4 Mohon Tunggu...
Ternyata, Helm Motor Ada Masa Kadaluwarsanya
(Sumber Suara.com)

Pakai helm saat menjadi penumpang dan menjalankan kendaraan motor, sudah banyak diketahui fungsinya oleh masyarakat. Helm yang kita kenakan di kepala yang berfungsi untuk keamanan selama dalam perjalanan. 

Namun sebagian dari kita, mungkin jarang mengetahui bahwa helm motor punya batas kadaluwarsa dalam pemakaian. Masa kadaluwarsa helm yang dipaksakan tetap digunakan, secara tidak langsung sudah menggurangi fungsi utamanya sebagai keamanan penggunanya.

Pemakaian helm selain untuk keamanan melindungi kepala dari resiko berbahaya benturan yang berakibat fatal, fungsi lain yang bisa menjadi manfaat penggunanya adalah melindungi kepala dari kehujanan dan juga teriknya panas matahari. Sehingga ketika helm berkurang kemampuan utamanya, maka akan membuat pengguna kurang nyaman menggunakannya.

Untuk mengetahui masa kadaluwarsa masa pemakaian helm, beberapa hal yang mudah kita tahu mendeteksi helm masih layak pakai atau tidak, diantaranya : kaitan besi sudah berkarat, busa helm sering bergeser dan lepas, tali pengait putus dan sering terkena panas dan hujan secara langsung serta terjatuh ke lantai.

Pemakaian helm yang cukup lama juga merupakan salah satu alasan berkurangnya fungsi utama dari helm.

Helm yang sesuai standar pemakaian, jika didasarkan pada berapa tahun layak digunakan, umumnya setelah 5 tahun lebih maka beberapa elemen seperti kekuatan shell akan berkurang. Jika helm tidak mendapat perawatan yang baik dan sering terjatuh ke lantai, maka akan semakin membuat helm lebih cepat untuk diganti.