Mohon tunggu...
Cantika Nova
Cantika Nova Mohon Tunggu... Penulis - Pelajar Paket C (SMA) PKBM Hanuba

Seorang homeschooler yang rumahan banget tapi suka traveling dan membaca sambil dengerin lagu mellow :). Tiap hari nulis, tapi herannya nggak pernah bosan! Paling sering bagikan tulisannya di blog pribadi yaitu Remajaasik.com ^^!

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Internet Bikin Kenal Budaya Negara Lain Bisa Hanya Dalam 5 Menit!

17 Juli 2022   23:54 Diperbarui: 18 Juli 2022   00:28 46 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Di awal tahun 2022 ini, tempat ibadahku kedatangan anggota baru yang berasal dari Jepang! Sepasang suami istri itu sebenarnya sudah enam tahun tinggal di Indonesia dan cukup lancar berbicara bahasa negara kita, tapi mereka baru saja pindah ke Kota Medan untuk sebuah urusan yang mungkin akan membuat mereka tinggal di kota kelahiranku ini untuk waktu yang cukup lama.

Pasti tinggal di negara lain yang sangat berbeda dengan negaranya sangat sulit, apalagi harus beradaptasi segera dengan kota yang juga agak berbeda dengan kota di Indonesia yang sebelumnya mereka tinggali. Karena itu aku ingin buat mereka nyaman dan merasa disayang sehingga mereka nggak merasa kesepian dan betah di Medan!

Ada banyak cara untuk mewujudkannya, salah satunya adalah dengan mengenal sedikit atau bahkan lebih banyak tentang budaya mereka. Jadi hanya dengan bermodal internet dan mbah Google, aku memutuskan untuk sisihkan sedikit waktu dari sela-sela istirahat belajarku untuk Googling budaya Jepang! Karena didukung internet yang cepat, aktivitas menambah ilmuku bisa dilakukan dengan cepat bahkan pernah hanya dalam lima menit. Beruntungnya, ada banyak artikel dan video yang membantu!

Manfaatnya kerasa lho! Dengan kenal budaya mereka, aku jadi bisa punya topik untuk memulai pembicaraan, hasilnya kami jadi lebih akrab deh! Selain itu, dengan ngobrol-ngobrol tentang kebudayaan mereka, mereka jadi merasa dihargai dan direspek. Setidaknya begitulah pengamatanku.

Nah sewaktu ngobrol-ngobrol dengan pasangan Jepang itu, aku jadi tahu kalau mereka sebenarnya sangat merindukan negara mereka, karena mereka sudah cukup lama belum pulang ke Jepang akibat pandemi Covid-19 dan jadwal yang padat. 

Hmmm waktu itu ada terlintas satu rencana dikepalaku! Gimana kalau aku bikin sesuatu dari Jepang untuk mengatasi rasa kerinduan mereka? Maka aku memutuskan kembali Googling dan mengandalkan Youtube untuk jadi panduan.

Walaupun hasilnya nggak sebagus di video tutorial, tapi setidaknya jadilah bunga sakura ala-ala yang dibuat dari origami dengan susah payah wkwk. Aku pakai origami karena ternyata seni melipat kertas adalah bagian dari salah satu kesenian di Jepang yang berharga. Aku juga buat beberapa origami bangau yang legendaris di Jepang, niatnya sih tadi mau bikin senbazuru atau seribu origami bangau tapi ampunnn capek! Maybe later!

Nggak lupa dong, aku juga memberanikan diri untuk masak sebuah makanan yang terkenal di kota Osaka (karena mereka dulunya tinggal di Osaka) dan cara masaknya nggak susah bagi remaja sepertiku. Dia adalah Takoyaki! Mereka bilang sih enak, tapi aku nggak yakin soalnya aku nggak pandai masak aslinya.

Syukurlah, dengan segala upaya yang aku buat, sepertinya mereka jadi lebih enjoy tinggal di kotaku dan kami jadi dekat! Aku amat sangat berterima kasih kepada bestie kesayangan yaitu internet, karena tanpa internet aku nggak yakin bisa melakukan itu semua dan jadi dekat dengan mereka dalam waktu singkat. Manfaat internet itu beneran kerasa banget untuk generasi aku yang anti ribet! 

Berkat internet, mengetahui budaya negara lain dan sesuatu yang khas dari negara mereka tinggal sat-set-sat-set! Eitss, tapi itu kalau internetnya cepet ya! Wkwk. Makanya IndiHome dari Telkom Indonesia jadi andalan karena internetnya cepat, harganya murah tapi kuotanya banyak dan anti lelet! Internetnya Indonesia yang udah jadi kepercayaan banyak keluarga!

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan