Mohon tunggu...
Hamdani
Hamdani Mohon Tunggu... Konsultan

Ekspresikan Pikiran Melalui Tulisan

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Hai Calon Mahasiswa, Perhatikan Hal Berikut Agar Kuliah Mudah Kerja

7 April 2020   13:14 Diperbarui: 7 April 2020   13:35 61 7 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Hai Calon Mahasiswa, Perhatikan Hal Berikut Agar Kuliah Mudah Kerja
Siswa SMK-SMTI Banda Aceh (dokrpi)

Jujur saja bahwa setiap orang pasti mengharapkan bisa memperoleh kerja setelah tamat sekolah. Pekerjaan yang layak dan gaji yang sesuai. Keinginan tersebut merupakan harapan setiap mahasiswa pula yang kini duduk di bangku kuliah.

Namun terkadang yang terjadi tidak selalu seindah apa yang diharapkan. Bahkan pula sering bertolak belakang dengan yang dicita-citakan. Lulus kuliah terpaksa menganggur karena tidak ada peluang kerja yang bisa diambil.

Mengapa hal itu bisa terjadi?

Banyak faktor yang mempengaruhi mengapa seseorang yang sudah lulus kuliah, padahal bergelar sarjana namun tidak mudah dapat kerja.

Kurang tepat memilih kampus

Tidak banyak orang perhatikan bahwa sistem pendidikan nasional kita terdapat beberapa model.

Khusus untuk perguruan tinggi kita mengenal dengan apa yang disebut pendidikan akademi, pendidikan vokasi, dan pendidikan profesi.

Semua model pendidikan tinggi tersebut memiliki karakteristik dan ciri khas masing-masing. Meskipun dari sisi jenjang tidak terdapat perbedaan yang mencolok.

Memilih kampus yang tepat memang sangat tergantung pada tujuan masing-masing. Biasanya terkait juga dengan pandangan  mereka akan masa depan yang dituju. Ini soal keyakinan pribadi dan cita-cita.

Tidak memiliki kompetensi

Kompetensi adalah suatu kemampuan atau kecakapan yang dimiliki oleh seseorang dalam melaksanakan suatu pekerjaan tertentu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x