Mohon tunggu...
Hamdani
Hamdani Mohon Tunggu... Konsultan

Ekspresikan Pikiran Melalui Tulisan

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

PHBI dan Kepemudaan Kemukiman Peudaya Gelar Aneka Kegiatan Menyambut Tahun Baru Islam 1440 H

11 September 2018   12:36 Diperbarui: 11 September 2018   14:36 808 2 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
PHBI dan Kepemudaan Kemukiman Peudaya Gelar Aneka Kegiatan Menyambut Tahun Baru Islam 1440 H
Koordinator Pelaksana kegiatan penyambutan tahun baru hijriyah yang diselenggarakan oleh PHBI dan Kepemudaan Kemukiman Peudaya Kecamatan Padang Kabupaten Pidie, saat menyerahkan hadiah utama sebuah sepeda gunung kepada Nora Yusri (12) di halaman Mesjid Jamik Peudaya, Senin (10/9)/foto: kiriman Maulana Marwan, ST.

Dalam rangka menyambut tahun baru Islam 1 Muharram 1440 H, panitia perayaan hari besar Islam (PBHI) bersama unsur kepemudaan wilayah Kemukiman Peudaya Kecamatan Padang Tiji Kabupaten Pidie, Aceh. Menggelar aneka kegiatan bersama masyarakat setempat.

Acara ini dimaksudkan untuk memeriahkan datangnya tahun baru hijriyah yang sudah lama dinanti-nantikan. Sekaligus membudayakan penyambutan hari-hari besar Islam secara positif dikalangan generasi muda dan anak-anak.

Dengan mengisi momentum tersebut dengan hal-hal yang menarik dan bermanfaat, membuat anak-anak muda generasi millennial mencintai budaya sendiri. Sehingga dapat menangkal budaya barat yang tidak sesuai dengan Islam dan nilai-nilai iman.

Diantara beragam kegiatan yang diselenggarakan oleh panitia PHBI dan Pemuda Kemukiman Peudaya adalah membaca Yasin, tausiyah, takbir keliling, hingga zikir keliling antar gampong (kampung) sambil bersepeda. Seluruh rangkaian acara berlangsung secara tertib dan khidmat. 

Sejak pagi Senin (10/9) murid sekolah dasar/madrasah ibtidaiyah dari sejumlah sekolah yang ada disekitar Peudaya membaca Yasin secara massal.

Anak-anak melakukan pengajian membaca surat Yasin di Mesjid Jamik Kemukiman Peudaya (sumber foto: www.facebook.com/kemukiman.peudaya)
Anak-anak melakukan pengajian membaca surat Yasin di Mesjid Jamik Kemukiman Peudaya (sumber foto: www.facebook.com/kemukiman.peudaya)
Pengajian tersebut dilakukan di Masjid Jamik Peudaya yang memang selalu dijadikan sebagai pusat kegiatan Islam oleh PHBI dan masyarakat setempat.

Menurut Koordinator Acara Penyambutan Tahun Baru Islam Maulana Marwan, ST. Kegiatan ini sudah dilakukan setiap tahun oleh PHBI dan Pemuda Kemukiman Peudaya.

"acara ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan setiap tahun. Melalui acara ini diharapkan terjalin keakraban dan kekompakan antar masyarakat Peudaya". Kata Maulana.

Setelah pembacaan Surat Yasin secara berjamaah selesai dilakukan. Anak-anak sekolah SD/MI tersebut kemudian secara serentak dibawah koordinasi gurunya kembali ke sekolah untuk melanjutkan pelajaran mereka. Terlihat wajah mereka sangat senang dan gembira mengikuti acara penyambutan tahun baru islam kali ini.

Baca juga : Makna Hijrah bagi Fitrah Manusia, Selamat Tahun Baru Hijriyah 1440

Pihak sekolah juga ikut berpartisipasi aktif, serta memberikan dukungan penuh agar acara sakral ini dapat berjalan lancar dan sukses. Para guru menilai kegiatan seperti ini sangat positif dan bermanfaat sekali sebagai pendidikan agama bagi anak-anak. Oleh sebab itulah pihaknya dengan senang hati membawa anak-anak ke masjid untuk yasinan bersama.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN