Mohon tunggu...
Hamdani
Hamdani Mohon Tunggu... Konsultan

Ekspresikan Pikiran Melalui Tulisan

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Kesadaran Disiplin Masyarakat Berlalu Lintas Masih Rendah

26 Mei 2018   10:27 Diperbarui: 26 Mei 2018   11:13 1241 1 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kesadaran Disiplin Masyarakat Berlalu Lintas Masih Rendah
Ilustrasi pixabay.com

Pernahkah Anda saat berkendaraan di jalan umum, lalu tiba-tiba Anda kena tilang oleh Polisi Lalu lintas (Polantas)? Saya rasa pernah ya. 

Barangkali kemudian kita menduga betapa bapak polisi begitu tidak berempati, sampai tega mengeluarkan surat tilang dan masuk sidang pengadilan. 

Belum lagi pikiran ini kita tambahkan dengan sejumlah cerita lainnya, pengalaman teman kita yang mengalami hal yang sama. Yang pada akhirnya membawa kita pada satu kesimpulan betapa sulitnya berkendaraan di jalan yang ada polisinya. 

Sementara itu berbagai pertanyaan pun bermunculan, apa sih kesalahan saya? Kita menduga-duga pasal berapa bakal kena tuntutan. 

Memang pihak kepolisian selama bulan ramadan sedang gencar melakukan kegiatan tertib lalu lintas, apalagi menjelang lebaran. Dan biasanya selalu dilaksanakan operasi ketupat.

Tak heran jika disetiap pos polisi dipersimpangan jalan selalu ada petunjuk lalu lintas dan informasi berlalu lintas yang baik sengaja dipasang agar masyarakat pengguna lalin bisa teredukasi. 

Langkah yang dilakukan oleh pihak kepolisian patut diapresiasi, betapa tidak! Saat ini masyarakat sudah banyak yang tidak peduli lagi dengan aturan lalu lintas padahal itu untuk kepentingan bersama. Bahkan dengan patuh pada tertib lalu lintas bisa mencegah kecelakaan. 

Ketidakpedulian pengguna jalan terhadap rambu-rambu lalu lintas sering kita temui di manapun, dipasar, dijalan-jalan protokol sehingga terjadi banyak pelanggaran yang kadang berujung pada kesemrawutan. 

Kondisi tidak disiplin para pengendara disebabkan rendahnya kesadaran mereka terhadap kepentingan bersama dan keselamatan diri sendiri. 

Akibat dari sikap demikian menghasilkan banyak kerugian, terjadinya tabrakan dan kemacetan lalu lintas. Sehingga membuat ketidaknyamanan seluruh pengguna jalan.

Untuk menghindari jatuh korban yang banyak setiap tahunnya masyarakat perlu mengubah perilaku buruk dalam berlalu lintas dan menjadi lebih disiplin dan disertai dengan etika berlalu lintas yang baik. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x