Mohon tunggu...
Candra Winata
Candra Winata Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Money Pilihan

Rakerda OK OCE

25 Februari 2019   09:30 Diperbarui: 25 Februari 2019   09:33 104
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

*WUB dan OK OCE*

*Catatan Rakerda OK OCE*


    Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan saat kampanye Pilgub Periode kedua, menjanjikan akan menciptakan  100.000 wirausahawan baru di era kedua kepemimpinannya

Janji itu ditunaikan  dengan gerakan WUB (Wirausaha Baru). WUB dimulai dengan memberikan pelatihan, pendampingan, permodalan sampai pemasaran, pelatihan terbagi dua kelas yaotu kelas belum memulai bisnis (pemula) dan kelas sudah punya bisnis untuk di scale up

saya terlibat secara aktif dalam Gerakan WUB sebagai pendamping di Kota/Kab. Bekasi, ada sekitar 40 orang dari 200 orang peserta WUB yang saya dampingi, banyak ragam usaha yang ditekuni peserta WUB mulai dari Fashoin, Craft, kuliner sampai bisnis Jasa.

Dampak positif dari WUB adalah perubahan pola pikir pelaku UMKM, dari tertutup menjadi terbuka, materi  pelatihan yang terdiri dari : mainshet berpikir, motivasi, testimoni pengusaha sukses,managemen usaha sampai tehnik pengemasan membuat para Wirausaha baru tergerak untuk memajukan usaha lebih baik lagi.

Sayang kegiatan bagus ini tidak dilanjutkan di era Ridwan Kamil, saya sempet menanyakan para pemangku Kepentingan WUB, ternyata memang program sejenis WUB tidak ada lagi.

OK OCE adalah program unggulan Anies-Sandi saat kampanye Gubernur DKI, semangatnya sama dengan WUB, menjadikan pelaku UMKM sebagai pilar pembangunan, men scale up dan bisa menjadi penggerak ekonomi Indonesia.

Saya tidak terlalu tahu program OK OCE ini, hanya sering mendengar dan membaca karena program itu adanya di DKI Jakarta sedangkan saya di Jawa Barat.

Hingga akhirnya Sandi terpilih sebagai Cawapres program OK OCE dinaikan levelnya sebagai salah satu program unggulan pasangan Prabowo sandi.

Hari minggu kemarin saya mengikuti Rakerda Ok OCE Bekasi, saya menjadi paham isi dalam gerakan OK OCE, prinsipnya tidak jauh berbeda dengan WUB, namun punya satu kelebihan yang tidak saya temukan pada WUB.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun