Mohon tunggu...
Candra Gumelar
Candra Gumelar Mohon Tunggu... Seorang mahasiswa

Semoga menjadi manusia yang bermanfaat bagi orang sekitar dan selalu menjadi pribadi yang baik

Selanjutnya

Tutup

Fesyen Pilihan

Tren Hypebeast Membunuhmu!

9 Juli 2019   14:07 Diperbarui: 9 Juli 2019   14:43 0 0 0 Mohon Tunggu...
Tren Hypebeast Membunuhmu!
zetizen.jawapos.com

Hypebeast adalah (Hyper = Menggilai, Mengikuti dan Menggunakan) Trend berpakaian yang sedang booming (hype) untuk tetap terlihat stylish Kekinian. Tapi tidak semua orang yg menggunakan pakaian atau produk produk hype dapat dikategorikan Hypebeast. Gaya hidup anak anak Hypebeast terdapat di pusat kota besar dan terkesan Konsumtif juga menghambur-hamburkan uang orang tua

Seorang Hypebeast biasanya hanya mengetahui brand-brand original yg sering didengar dan memiliki harga jual fantastis luar biasa mahal, dan semakin langka barang tersebut maka semakin mahal pula harga jualnya. Tetapi barang-barang langka yang sering dicari oleh anak hypebeast dengan alasan langka.

Para pecinta hypebeast biasanya mereka berdandan sama disetiap tempat, yang penting barang tersebut brand original dan mahal. Sekarang hypebeast dapat menaikan derajat sosial bagi penggunanya, semakin mahal barang yang kamu pakai, semakin naik pula derajat kalian. Anak-anak hypebeast pun tak segan-segan mengeluarkan kocek yang bisa dibilang agak dalam untuk bisa tampil keren seperti yang mereka inginkan.

Bisa dibilang anak-anak hypebeast sangat up to date dengan tren-tren fashion terkini agar mereka bisa selalu terdepan baik dalam urusan fashion dan lingkungan sosial mereka. Jadi tak heran lagi jika anak hypebeast itu followers di media sosial mereka bisa disebut banyak, karena mereka tidak cuman memikirkan pakaian namun mereka juga memikirkan foto yang bagus itu seperti apa dengan tidak meninggalkan kesan hypebeast dihasil foto tersebut. Maka dari itu anak hypebeast juga ahli dalam editing foto.

Walau trend hypebeast ini dipandang sangat wah dibeberapa kalangan, namun trend ini juga dapat membunuhmu. Maksud dari membunuhmu yaitu, diri kita dipaksa atau dituntut untuk bisa membeli suatu barang yang hype, harga pun tidak main-main jika barang hypebeast. Dan akhirnya timbullah pemikiran-pemikiran jelek seperti hutang, mencuri, berbohong demi bisa membeli barang hypebeast tersebut. Dan kasus-kasus yang terjadi ini dikalangan remaja, karena tidak dibelikan atau dituruti keinginan mereka, akhirnya mereka melakukan hal-hal yang tidak terduga seperti itu.

Atau bahkan malah menjadi korban penipuan seorang oknum yang mengaku menjual barang hypebeast. Ada beberapa kasus yang terjadi di negara kita Indonesia ini tentang penipuan yang berkedok jual barang hypebeast original dengan harga murah.

Maksud dari statment di atas adalah, bergayalah sesuai dengan isi dompet kalian, bergayalah sesuai dengan kebutuhan. Karena diumur-umur remaja saat ini memang labil itu masih sangatlah kuat dan rasa gengsi itu tinggi. Gengsi dengan temannya yang kemarin memamerkan sebuah barang branded hypebeast, sehingga rasa keingin punyaannya tinggi. Jadi yang terepotkan yaitu orang tua, namun semua itu masih bisa dihalangi dengan cara mengedukasi anak dari dini. Mengedukasi tentang apa pentingnya bersyukur, tentang menghilangkan rasa gengsi dan semacamnya. Dengan cara itu, orang tua dapat mengurangi keterjadian kasus seperti diatas. Kasus-kasus diatas itu terjadi karena ketidak sadaran orang tua tentang pentingnya edukasi anak sejak dini tentang rasa bersyukur.

Dan untuk mengurangi gaya hidup hypebeast yaitu dimulai dengan cara mencintai varang produk Indonesia, karena dengan menggunakan produk Indonesia itu dapat membantu menaikan ekonomi negara. Negara pun sudah mengkampanyekan cintailah produk-produk asli Indonesia, dan sudah banyaknya brand/merk lokal yang tidak kalah dengan brand hypebeasy luar negeri.

Brand-brand lokal pun sudah mulai up to date masalah desain dan kualitas yang tidak kalah dengan brand luar negeri. Contohnya brand lokal Indonesia yang ternama yaitu seperti League, Piero, Erigo, Rougneck, dan masih banyak lagi. Brand-brand ini sudah memiliki pasar tersendiri di Indonesia, dan dari segi kualitas dapat dibandingkan dengan brand luar negeri sudah hampir sama.

Bahkan influencer asal Yogyakarta yaitu seorang dokter namun memilih jalan karirnya dibidang pakaian, yaitu Dr. Tirta sebagai founder dari Shoesandcare Indonesia. Dr. Tirta sendiri mengkampanye kan yang namanya #Localpride, tujuan dari #localpride yaitu menaikan nama brand-brand lokal yang jarang dilirik oleh remaja saat ini, dan menaikkan pasar lokal tersebut. Hasilnya pun cukup signifikan yaitu sudah mulai banyaknya remaja menggunakan brand-brand lokal. Bahkan mulai banyaknya orang yang membuat brand lokal. Peran influencer sendiri cukup berguna demi kemajuan ekonomi Indonesia dibidang pakaian.

Kesimpulan dari diatas yaitu budaya hypebeast tidak bisa kita tolak, tetap kita terima namun sebagaimana kita menerimanya itu dengan baik dan benar. Jangan terlalu mengikuti hawa nafsu yaitu gengsi, karena gengsi dapat membunuhmu secara perlahan dan dapat membuat kita berbuat yang tidak-tidak.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2