Mohon tunggu...
CANDRA ARDIYATMA
CANDRA ARDIYATMA Mohon Tunggu... Penegak Hukum - Youtube: Candra Ardiyatma

Sekedar berbagi pengalaman. Silahkan mampir ke Channel Youtube saya "Candra Ardiyatma" dan jangan lupa Subscribe!

Selanjutnya

Tutup

Otomotif

Mercedes-Benz Mesin Depan Pesaing Hino AK

16 April 2019   09:25 Diperbarui: 16 April 2019   09:34 670
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Otomotif. Sumber ilustrasi: FREEPIK

Sudah bertahun-tahun segmen bus mermesin depan hanya diisi oleh sasis bus asal negeri sakura, Jepang yaitu Hino dengan jenis AK. Hino AK ini adalah pemain tunggal di segmen bus besar bermesin depan di Indonesia.

 Dengan dihentikannya produksi dari Nissan CB dan Mitsubishi BM dan Mercedes-Benz seakan tidak melanjutkan bus bermesin depannya yaitu OF 11113 membuat Hino AK menjadi pemain tunggal di segmen bus besar bermesin depan di Indonesia.

Beberapa produsen bus lainnya seperti Mercedes-Benz, Man, Volvo dan Scania lebih memilih untuk bermain di segmen bus besar bermesin belakang. Mercedes-Benz,  Man, Volvo dan Scania memang dikenal sebagai produsen untuk sasis bus premuim dan sasis bus yang diproduksi oleh pabrikan tersebut memang selalu digunakan untuk melayani bus berkelas bisnis, eksekutif dan super eksekutif, dan hal tersebutlah yang mungkin membuat para produsen bus tersebut enggan untuk menyentuh segmen bus besar bermesin depan di Indonesia.

Sasis Hino AK ini merupakan bus dengan konfigurasi mesin yang terletak pada bagian depan dan memiliki tenaga sebesar 215 hp dengan 6 percepatan dan dengan harga 480 jutaan membuat sasis bus ini menjadi primadona untuk bus kelas ekonomi bahkan bisnis. Sekian lama Hino AK menjadi pemain tunggal, Mercedes-Benz tidak tinggal diam dan meluncurkan sasis bus besar bermesin depan untuk menandingi sasis Hino AK tersebut.

Mercedes-Benz OF 1623 RF merupakan bus besar bermesin depan yang diluncurkan oleh pabrikan Mercedes-Benz untuk menyaingi Hino di Indonesia. Hal ini cukup tepat karena Mercedes-Benz terkenal sebagai produsen kendaraan-kendaraan mewah yang berasal dari Jerman. Hadirnya Mercedes-Benz OF 1623 RF ini melengkapi line up bus Mercedes-Benz di Indonesia dikarenakan sasis bus OF 1623 RF ini dapat mengisi segmen bus entry level di Indonesia.

Dengan hadirnya OF 1623 RF ini membuat konsumen dai Mercedes-Benz tidak perlu berpaling ke pabrikan lain untuk membuat bus kelas ekonomi ataupun bisnis. Misalkan saja untuk bus berkelas ekonomi atau bisnis sebuah perusahaan bus dapat menggunakan sasis OF 1623 RF, sedangkan untuk bus berkelas bisnis atau eksekutif dapat menggunakan sasis Mercedes-Benz berjenis OH 1526 ataupun OH 1626 yang sudah dilengkapi dengan Suspensi Udara untuk menambah kenyamanan para penumpangnya atau bahkan bisa menggunakan sasis premium dengan jenis O 500 RS 1836 bahkan sasis bus triple axle OC 500 RS 2542. Hal tersebut pastinya akan membuat beberapa perusahaan bus akan menjadi fanatik terhadap Mercedes-Benz karena Mercedes-Benz dapat menghadirkan sasis mulai kelas bawah hingga kelas premium bahkan untuk bus Double Decker.

Mercedes-Benz OF 1623 RF ini ditenagai dengan mesin diesel berkode OM 906 LA berkapasitas 6.374 cc, berstandar Euro 3 dan dilengkapi dengan Turbocharger dan Intercooler. Tenaga maksimal yang dapat dikeluarkan OF 1623 RF ini sebesar 170 KW atau setara dengan 235 hp pada 2.200 rpm dan torsi maksimal sebesar 810 Nm di 1.200 sampai 1.600 rpm, tenaga tersebut terhubung dengan transmisi 6 percepatan manual berkode MB G 85-6. 

Terdapat tiga sistem pengereman pada bus ini, yaitu rem utama bus ini menggunakan rem tromol dua jalur udara tekanan penuh, rem parkir pegas kendali udara tekan pada gandar belakang, rem mesin gas buang kendali udara tekan dan kemudi dilengkapi dengan Power Steering.

Panjang total sasis ini adalah 11.650 mm dengan lebar total 2.480 mm dengan julur depan 2.550 mm, julur belakang 3.150 mm, jarak sumbu roda 5.950 mm, jarak pijak roda depan 2.070 mm, jarak pijak roda belakang 1.870 mm dan berat GVW (Gross Vehicle weight) sebesar 16.000 kg. Suspensi pada bus ini menggunakan Pegas Parabolic dengan Peredam Kejut Double Acting dan Stabilizer di keempat rodanya. Kelistrikan bus ini 24 volt, alternator 28 Volt / 100 A, baterai 2x200Ah 12 Volt dan berkapasitas tangki sebesar 380 liter

Dengan melihat spesifikasi tersebut, sepertinya sasis OF 1623 RF ini merupakan pesaing yang harus diwaspadai oleh Hino terlebih dengan tenaga yang dimiliki OF 1623 RF ini sebesar 235 hp sedangkan Hino AK8 sebesar hampir 215 hp. Dari fitur keselamatan dan kenyamanan sepertinya Mercedes-Benz juga akan mengungguli Hino terlebih sasis OF 1623 RF ini sudah dirancang untuk Biodiesel B20. Harga jual sasis bus Mercedes-Benz OF 1623 RF ini 649 juta rupiah Off The Road.

Melihat harga jual Mercedes-Benz OF 1623 RF yang dibanderol 649 juta rupiah Off The Road sepertinya cukup mahal apabila dibanding Hino yang hanya dijual di kisaran 480 juta rupiah, bahkan harga sasis OF 1623 ini  setara dengan sasis bus bermesin belakang buatan Hino yang memiliki tenaga lebih besar dibanding OF1623 RF tersebut.

Mercedes-Benz OF 1623 RF sudah berstandar Euro 3 sedangkan Hino AK8 215 masih berstandar Euro 2. Namun dibalik standar Euro yang berbeda tersebut sepertinya Hino AK8 jauh lebih cocok dengan kualitas bahan bakar solar yang ada di Indonesia.

Namun pertimbangan tersebut kembali kepada perusahaan otobus, karena perihal sasis ini sepertinya beberapa perusahaan otobus telah memiliki kecintaan pada masing-masing produsen sasis bus di Indonesia dan Perusahaan Otobus lebih mengerti tentang  pangsa pasar dan medan yang dilalui.

Maju terus industri transportasi di Indonesia!

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Otomotif Selengkapnya
Lihat Otomotif Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun