Mohon tunggu...
CANDRA ARDIYATMA
CANDRA ARDIYATMA Mohon Tunggu... Youtube: Candra Ardiyatma

Sekedar berbagi pengalaman. Silahkan mampir ke Channel Youtube saya "Candra Ardiyatma" dan jangan lupa Subscribe!

Selanjutnya

Tutup

Transportasi

Bus Transjawa sebagai Alternatif Mudik 2019

15 April 2019   22:49 Diperbarui: 15 April 2019   22:59 0 2 0 Mohon Tunggu...

Bus Transjawa ramai diperbincangkan setelah tersambungnya jalan bebas hambatan atau Jalan Tol dari Merak hingga Malang bahkan lebih. Bus Transjawa memiliki trayek dari Ibukota Jakarta menuju ke Solo melalui Tol Transjawa dan juga arah sebaliknya.

Bus Transjawa pada saat awal pengoperasiannya mematok tarif sebesar Rp 50.000,- yang bisa dipesan melalui aplikasi pemesanan tiket bus secara online. Tarif sebesar Rp. 50.000,- tersebut adalah untuk rute dari Jakarta ke Solo maupun untuk arah sebaliknya.

Spesifikasi Bus Transjawa yaitu menggunakan Sasis Premium dari Scania dengan kode K410IB dan karoseri Adiputro yang bermarkas di Malang, Jawa Timur dengan model body Jebus 2+ Double Decker. Dikarenakan Bus Transjawa ini pada dasarnya adalah bus Double Decker yang dioperasikan oleh Po Putera Mulya maka bagi para penumpang yang pernah mencobanya, maka fasilitas yang terdapat di dalamnya masih sama seperti dahulu saat bus ini melayani sebagai bus AKAP.

Para penumpang Bus Transjawa nantinya akan dilayani 80 unit bus dengan rute dari Jakarta ke Surabaya dan arah sebaliknya. Dalam pelayanan sebanyak 80 unit bus tersebut setidaknya melibatkan 12 Perusahaan Otobus dan dengan koordinasi antara Kemenhub dengan Organda (Organisasi Angkutan Darat).

Pemberhentian Bus Transjawa masih dalam perundingan antara Kementrian Perhubungan dengan Kementrian Pembangunan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Hal tersebut dikarenakan Kementrian Pembangunan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) belum sepakat atas usulan sebelumnya dimana Bus Transjawa ini berhenti di beberapa rest area dan bukan pada terminal.

Rencanakan perjalanan mudik anda sekarang juga agar memiliki informasi yang cukup tentang moda transportasi yang akan anda gunakan untuk kembali ke kampung halaman serta dapat melakukan reservasi tiket jauh-jauh hari agar tidak kehabisan tiket.

Mungkin Bus Transjawa dapat menjadi salah satu pilihan atau pertimbangan untuk mudik tahun 2019 ini apabila anda belum memiliki pilihan moda transportasi untuk mudik di tahun 2019 ini.

Maju terus insdustri transportasi di Indonesia!

Terimakasih.