Mohon tunggu...
Candra Permadi
Candra Permadi Mohon Tunggu... \r\n

\r\n

Selanjutnya

Tutup

Olahraga Artikel Utama

Masa Depan New York Knicks

3 Mei 2019   23:15 Diperbarui: 5 Mei 2019   19:03 0 9 2 Mohon Tunggu...
Masa Depan New York Knicks
Kevin Durant, James Dolan, dan Kyrie Irving (The Ringer)

Tim NBA mana pun mungkin ingin menjadi seperti New York Knicks. Pernyataan barusan mungkin sedikit berlebihan, tapi melihat pernyataan Forbes, rasanya pernyataan barusan ada benarnya.

Siapa yang tidak mau seperti New York Knicks, tim yang hanya lolos playoff empat kali dalam 17 musim terakhir (termasuk di antaranya tidak lolos babak playoff lima musim terakhir berturut-turut), tapi jadi tim dengan revenue paling besar. Lebih besar dari Los Angeles Lakers dan tiga kali juara NBA pada empat musim terakhir Golden State Warriors. Pendapatan Knicks musim lalu sekitar empat miliar dolar.

James Dolan (Fox Business)
James Dolan (Fox Business)
Pendapatan sebanyak itu konon didapat dari Madison Square Garden, stadium paling kondang seantero Amerika Serikat.  Stadium tersebut dikenal karena sejarahnya yang panjang. Bukan hanya sejarah sebagai tempat pertandingan basket, tetapi juga sebagai tempat konser dan tur.

Bulan ini saja, terhitung mulai tanggal 1 mei hingga akhir bulan tercatat ada 30 konser dan/atau tur diadakan di sana. Salah satunya konser salah satu fans setia New Tork Knicks, Billy Joel tanggal 9 besok.

Billy Joel tampil di Madison Square Garden (Hellenic News of America)
Billy Joel tampil di Madison Square Garden (Hellenic News of America)
Terima kasih juga pada pemilik, maksud saya, CEO Madison Square Garden, James Dolan yang merenovasi stadium ini sekitar enam atau tujuh tahun lalu ini. Renovasi yang memakan biaya besar ini, bisa langsung balik modal mengingat biaya sewa Madison Square Garden per tahun mencapai 1 miliar dolar.

Walaupun terus dikritik fans New York Knicks karena membawa tim ini ke arah yang "kurang sesuai harapan", rasanya dengan pendapatan sebesar ini, komentar-komentar tersebut bisa dianggap sebagai angin lalu.

Keberuntungan New York Knicks   
Beruntung, New York Knicks sepertinya mendapat angin segar musim ini. Musim ini, maksud saya musim depan, New York Knicks mendapat dua keuntungan. Pertama adalah habisnya masa kontrak sebagian besar pemain.

Madison Square Garden (MSG.com)
Madison Square Garden (MSG.com)
Setidaknya hanya ada delapan pemain yang terikat kontrak dengan New York Knicks musim depan yaitu Frank Ntilikina, mantan pemain Dallas Mavericks Dennis Smith Jr., Kevin Knox, Mitchell Robinson, Lance Thomas, Henry Ellenson, Damvean Dotson, dan Alonzo Trier. Kontrak kedelapan pemain tersebut di atas kertas tidak lebih dari 37 juta dolar. Angka tersebut jelas terbilang kecil jika dibandingkan gaji Steph Curry atau Russell Westbrook yang berkisar antara 35-37 juta dolar untuk satu musim.

Mitchell Robinson dan Kevin Knox (daily Knicks)
Mitchell Robinson dan Kevin Knox (daily Knicks)
Artinya apa? Dengan besaran salary cap NBA yang mencapai 109 juta dolar untuk musim depan,  kalau hitungan matematika saya tidak salah berarti New York Knicks punya sekitar 72 juta dolar untuk bisa dipakai mengontrak pemain musim depan.

kas tim NBA musim depan
kas tim NBA musim depan
Keberuntungan New York Knicks tidak sampai di situ saja. Melihat "masa depan yang lebih cerah", manajemen New York Knicks sepertinya memilih untuk menyerah pada perburuan gelar apa pun musim ini.

Salary Cap New York Knicks (basketball-reference.com)
Salary Cap New York Knicks (basketball-reference.com)
Jejaknya jelas.  Sejak NBA musim ini bergulir, New York Knicks rutin berada di peringkat 10 sampai 13 besar selama bulan November. Peringkat mereka bahkan melorot ke posisi 14 selepas natal dan berada di posisi buncit mulai akhir januari.

Pergerakan peringkat New York Knicks dari awal musim
Pergerakan peringkat New York Knicks dari awal musim
Alasan mereka jelas. Mereka ingin mendapat draft terbaik musim depan. Draft yang akan menentukan masa depan mereka, bukan hanya dua atau tiga tahun ke depan, tapi lima sampai delapan tahun ke depan.

Peluang New York Knicks mendapat draft peringkat pertama musim ini memang menipis seiring kebijakan baru NBA. Bukan hanya peringkat buncit yang punya kesempatan lebih besar mendapat draft nomor satu tapi juga dua tim lain, yaitu tiga tim peringkat terbawah NBA secara keseluruhan, dalam hal ini Cleveland Cavaliers dan Phoenix Suns.

Hanya saja peraturan baru tersebut buat saya tidak berpengaruh besar buat Knicks karena meskipun nantinya dari hasil lotre draft NBA, New York Knicks berhak memilih draft pick nomor tiga sekalipun, pilihan tersebut masih sangat bagus untuk Knicks.

Kelebihan dan kekurangan Zion Williamson (espn.com)

Seperti tren beberapa tahun terakhir, New York Knicks bisa menukar draft pick yang mereka punya dengan draft pick dengan urutan yang lebih rendah seperti yang dilakukan Boston Celtics beberapa tahun lalu karena Celtics sudah menjamin akan memilih Jayson Tatum pada draft urutan nomor tiga.

Dengan menukar draft pick urutan pertamanya, Boston Celtics bukan hanya mendapat draft urutan ketiga dari Sixers tetapi juga draft pick lain yang didapatkan Sixers dari Sacramento Kings atau Lakers. Kalau mau New York Knicks juga bisa melakukan hal yang sama.

Kalaupun mereka tidak memakai draft tersebut untuk mendapatkan rookie, mereka bisa mengirim draft yang mereka punya ke New Orleans Pelicans, misalnya, untuk mendapatkan Anthony Davis.

Channel : The dime drop

Harga "tebus" Anthony Davis memang tidak murah. Karena penampilannya yang bagus dan konsisten, setidaknya harga tebus Davis setara dengan dua (atau lebih) draft pick NBA urutan atas (1-3). Selain punya draft pick yang dibutuhkan Pelicans, kebetulan Knicks juga punya ruang lebih dari cukup untuk menampung Anthony Davis yang "hanya" bergaji maksimal 28 juta dolar musim depan.  Sekali lagi, gaji tersebut terbilang kecil apabila dibandingkan uang kas yang bisa dipakai Knicks musim depan (72 juta dolar).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4