Mohon tunggu...
Muhammad Hidayat
Muhammad Hidayat Mohon Tunggu... Tertarik pada masalah sosial, ekonomi dan lingkungan.

Tertarik pada masalah sosial, ekonomi dan lingkungan. Tertarik pada masalah sosial, ekonomi dan lingkungan. Tertarik pada masalah sosial, ekonomi dan lingkungan.

Selanjutnya

Tutup

Digital

Solusi Windows License Expire Soon

21 Mei 2019   16:31 Diperbarui: 22 Mei 2019   08:54 0 0 0 Mohon Tunggu...
Solusi Windows License Expire Soon
dok. Windows

Wah, bikin ulah lagi ni Windows. Blue screen sih udas sering. Tapi ini baru banget. Tetiba keluar tambilan dialog box yang menyatakan "Your Windows license will expire soon". What? Ini laptop baru beli beberapa bulan dan sudah termasuk OS Windows 10 dari pabriknya. Kok bisa ya? Kok malah disuruh got to Settings, dan perbaharui "Product Key". Lah, apakah aku kena tipu pas beli laptop? Rasanya ngga juga, karena semua dokumen resmi ada. Bingung juga, barangkali memang ada jangka waktu license nya, yang aku tidak ngeh pas membelinya? Tapi nggak juga. Sejak kapan OS ada jangka waktu pakainya dan bukannya update windows selalu gratis?

Duh, malu ih. Mana pesan expire ini bisa muncul kapan-kapan aja. Bikin minder aja pas mau ada presentasi. Jangan sampai di tengah-tengah presentasi muncul pesan sakti tersebut. Kan jadi malu kita. Alhasil, presentasipun hanya dengan modal flash disk saja. Menghindari rasa malu hehe. 

Coba dah kontak toko yg jual dan kirim screen capture pesan tersebut. Jawabannya...... plis bawa laptopnya, diperbaiki di toko. Data di back up dulu semua. Halah.... ribet amat. Mana kerjaan numpuk pula. Yaudah, coba googling dulu apa masalahnya. Dan ternyataaaa..............................

Ah ternyata banyak keluhan sejenis. Lantas kucoba ditelusuri sumber yang menawarkan tips untuk memperbaiki masalah ini. Duh ternyata banyak solusinya, heran juga. Apakah berarti penyebabnya bermacam-macam ya? Aneh juga nih Widnows. Solusinya dari beli aplikasi sampai rubah registry dan lain-lain. Eh tapi ada tuh solusi yang mudah. Tinggal masukkan kembali product key yang ada untuk didaftarkan ulang. Ga salah dicoba. Katanya sih mungkin karena lelah, OS nya lupa kalau dulu udah pernah didaptarin. Makanya minta lagi. Yaudah dicoba. Begini langkah-langkahnya:

1. Pertama: CARI PRODUCT KEY. Untuk mengetahui product key, sebenarnya bisa dicari di dokumentasi ketika membeli komputer. Tapi kalau gak ada, cara ini bisa dipakai. Bukalah Command Prompt. Pastikan anda login sebagai Administrator. Cari Product Key dengan mengetikkan pada Command prompt baris perintah sebagai berikut: 

wmic path SoftwareLicensingService get OA3xOriginalProductKey (tekan enter)

Dok: windowsreport.com
Dok: windowsreport.com

Copy product key dan simpan di tempat yg aman.

2. Kedua: MASUKKAN PRODUCT KEY UNTUK AKTIVASI WINDOWS. Caranya, buka Windows Settings. Lalu cari Update & Security.

Dok: windowsreport.com
Dok: windowsreport.com

Klik dan kemudian pilih "Activation" dan "Change Product Key"

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2