Mohon tunggu...
Camelia Azzahra Putri
Camelia Azzahra Putri Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa S1 Akuntansi UPN Veteran Jakarta

saya memiliki hobi menonton film, dan series

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Berbagai Aktivitas dalam Menyambut Tahun Baru 2023

3 Oktober 2022   19:26 Diperbarui: 3 Oktober 2022   19:36 892 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Tahun Baru (Sumber : Suara.com)

Dikutip dari Wikipedia, Tahun baru adalah hari permulaan tahun di mana dilakukan suatu budaya merayakan berakhirnya masa satu tahun dan menandai dimulainya hitungan tahun selanjutnya. Tahun baru adalah momen yang sangat ditunggu-tunggu oleh sebagian besar orang dari berbagai kalangan seperti anak-anak, remaja, dewasa, orang tua, maupun kakek dan nenek kita.

Dilansir dari Wikipedia,  Perayaan tahun baru mulanya muncul di Timur Tengah, 2000 SM. Penduduk Mesopotamia merayakan pergantian tahun saat matahari tepat berada di atas khatulistiwa, atau tepatnya 20 Maret. Hingga kini, para bangsa persia masih merayakan tahun baru pada tanggal 20, 21, atau 22 Maret, yang disebut Nowruz.

Perayaan tahun baru berbeda di setiap negaranya. Beberapa negara melakukan beragam tradisi unik dan menarik yang memiliki filosofinya masing-masing. Berikut berbagai tradisi yang dilakukan di beberapa negara:

Matahari terbit dari atas Gunung Fuji (Sumber : liburankejepang.com)
Matahari terbit dari atas Gunung Fuji (Sumber : liburankejepang.com)
  • Melihat Matahari Terbit

Warga Jepang merayakan tahun baru dengan cara yang unik, yaitu dengan melihat matahari terbit. Biasanya mereka menyaksikannya di tanggal 1 Januari. Lokasi favorit untuk melihat matahari terbit adalah pantai dan tempat yang menyajikan pemandangan Gunung Fuji.

  • Memakan 12 Buah Anggur

Spanyol merupakan salah satu negara yang merayakan tahun baru dengan cara yang tidak biasa, yaitu dengan memakan 12 buah anggur satu per satu di tengah malam. Masing-masing buah mewakili satu keinginan. Jadi, jika dapat menghabiskannya, semua keinginan akan terwujud.

  • Tidur di Kuburan

Dilansir dari Tribunnews.com, malam tahun baru di Chili dimaksudkan untuk menghormati orang yang telah meninggal. Mereka akan tidur di samping makam orang yang mereka cintai. Sebelum pergi ke kuburan, mereka menikmati makan malam yang berlimpah.

Menyiram orang dengan air (Sumber : Liputan6.com)
Menyiram orang dengan air (Sumber : Liputan6.com)
  • Menyiram Air

Tradisi menyiram air di Thailand disebut sebagai Festival Songkran. Festival tersebut dilaksanakan selama 3 hari. Festival Songkran dilakukan dengan saling menyiram dan menyemprot air kepada orang yang ditemui di jalan.

  • Melempar Piring

Melempar piring merupakan salah satu tradisi perayaan tahun baru yang dilakukan oleh masyarakat Denmark. Piring dilemparkan ke pintu atau ke tembok yang diyakini akan membawa keberuntungan.

  • Menggantung Bawang di Pintu Rumah

Dilansir dari detik.com, orang Yunani merayakan tahun baru dengan menggantung bawang di pintu rumah. Hal ini memiliki arti kelahiran dan pertumbuhan kembali, selain itu dipercaya akan mendatangkan keberuntungan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan