Mohon tunggu...
Calvin Stefanus
Calvin Stefanus Mohon Tunggu... Mahasiswa

Ilmu Komunikasi Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Kiprah Pocari Sweat Menjadi Produk Global Melalui Strategi Pemasaran dan Iklan yang Brilliant!

22 November 2020   20:22 Diperbarui: 25 November 2020   17:07 1612 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kiprah Pocari Sweat Menjadi Produk Global Melalui Strategi Pemasaran dan Iklan yang Brilliant!
source: https://www.topawardsasia.com/winners/pocari-sweat

Siapa yang tidak mengetahui minuman berisotonik satu ini? Yap! Pocari Sweat adalah salah satu produk minuman berisotonik asal jepang yang berada di bawah perusahaan Otsuka Pharmaceutical Co., Ltd., Jepang. Di Indonesia sendiri, Pocari Sweat berada di bawah PT. Amerta Indah Otsuka. yang merupakan perusahaan hasil investasi antara PT. Kapal Api dengan Otsuka Pharmaceutical Co., Ltd., Jepang.

Kesuksesan strategi pemasaran dan iklan yang dilakukan oleh PT. Amerta Indah Otsuka dan Otsuka Pharmaceutical Co., Ltd., Jepang menjadi salah satu alasan di balik suksesnya produk Pocari Sweat. Pada kesempatan kali ini, mari kita lihat bagaimana strategi pemasaran di balik produk Pocari Sweat dan usaha Otsuka Pharmaceutical Co., Ltd., Jepang untuk membawa Pocari Sweat menjadi produk global.

Pocari Sweat memiliki konsep pemasaran yang terbilang unik dan sangat khas. Pada tahun 2019,  Otsuka Pharmaceutical Co., Ltd., Jepang berhasil memenangkan 11th Japan Marketing Awards yang diadakan oleh Japan Marketing Association. Otsuka dikenal sebagai brand yang sangat dekat dengan siswa-siswi SMP dan SMA.

Hal ini sangat sejalan dengan konsep iklan dan pemasaran yang dikemas oleh Pocari Sweat baik di negara asalnya (Jepang) maupun di negara-negara lain (contohnya Indonesia. Berikut adalah contoh iklan produk Pocari Sweat yang dibuat dan ditayangkan di Jepang.


Pemilihan talent yang ditampilkan sebagai siswa/siswi sekolah menengah atas ataupun sekolah menengah pertama menjadi salah satu aspek yang sangat has dari upaya strategi pemasaran Pocari Sweat. Hal ini tentunya tidak sembarangan dilakukan tanpa strategi dan pemikiran yang matang.

Konsep ini didasarkan bahwa siswa/siswi pada sekolah menengah pertama maupun atas secara umum memiliki kegiatan yang serupa. Di masa pertumbuhan menuju dewasa seringkali mereka banyak mencoba hal baru. Seringkali juga hal-hal baru tersebut merupakan kegiatan yang membutuhkan aktivitas fisik yang cukup intens.

Mulai dari kegiatan musik atau tari, olahraga, bela diri, dan segala kegiatan yang melibatkan gerak yang cukup intens. Dengan pemikiran sederhana, ketika kegiatan-kegiatan tersebut selesai dilakukan, mereka akan merasa haus dan kehilangan sebagian kecil atau bahkan besar tenaga mereka. 

Sebagai minuman berisotonik, Pocari Sweat hadir untuk membayar lunas semuanya dan membuat mereka dapat kembali melakukan aktivitasnya kembali dengan semangat.

Seperti yang ditunjukan pada video di bawah ini, Pocari Sweat seolah-olah hadir sebagai pelepas dahaga dan lelah bagi mereka yang mengalami kehausan atau bahkan dehidrasi dan membutuhkan minuman yang tidak hanya sekedar air biasa.


Strategi yang sangat brilliant ini berhasil membuat Pocari Sweat menjadi salah satu brand yang begitu melekat bagi siswa-siswi sekolah menengah atas dan pertama.

Konsep yang serupa juga dihadirkan di Indonesia. Hampir seluruh iklan produk Pocari Sweat dibintangi oleh talent yang ditampilkan sebagai siswa/siswi sekolah menengah pertama atau sekolah menengah atas. Konsep ini juga seringkali dikombinasikan dengan trend yang sedang terjadi di Indonesia.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x