Mohon tunggu...
Calvin JordanSimanjuntak
Calvin JordanSimanjuntak Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa Universitas Swasta D.I.Yogyakarta

Mahasiswa, D.I.Yogyakarta

Selanjutnya

Tutup

Media

Mari Kupas Perbedaan dan Unsur dalam Jurnalisme Multimedia dan Jurnalisme Online

18 September 2021   22:26 Diperbarui: 18 September 2021   23:31 85 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Mari Kupas Perbedaan dan Unsur dalam Jurnalisme Multimedia dan Jurnalisme Online
Sumber : https://humasindonesia.id/

Internet menjadi salah satu hal yang dekat dengan kehidupan manusia, khususnya berbicara mengenai informasi. Masuknya internet membuat kita mampu mengakses informasi dengan cepat.

Dengan adanya internet kita mampu mendapatkan informasi dalam berbagai bentuk, baik secara teks lisan, foto/gambar, video, animasi, maupun gabungan ketiganya. Informasi tersebut dapat kita temukan dalam media daring/online.

Media online yang kerap kali kita baca ternyata memiliki perbedaan dalam menyampaikan/menyajikan informasi. 

Informasi yang disampaikan dalam bentuk dominan teks dan menyelipkan unsur multimedia akan berbicara mengenai jurnalisme online. Informasi yang disampaikan menggunakan gambar, video, audio, teks atau disampaikan melalui 3 bentuk akan berbicara mengenai jurnalisme multimedia.

Jurnalisme online menggunakan unsur multimedia, namun mengapa dikelompokkan berbeda dengan jurnalisme multimedia? Mari kita bahas hal tersebut melalui perbedaan diantara keduanya.

Jurnalisme Online

Jurnalisme online di atas digambarkan menyampaikan informasi yang dominan dengan teks dan menyisipkan multimedia. Walaupun menyisipkan multimedia, jurnalisme online tidak termasuk ke dalam jurnalisme multimedia.

Kita akan membahasnya melalui pengertian dan karakteristik jurnalisme online yang membuatnya berbeda dengan jurnalisme multimedia.

Santana menyatakan, jurnalisme online merupakan tipe baru dalam jurnalistik yang memiliki karakter berbeda dengan jurnalisme konvensional. Perbedaan dengan jurnalisme konvensional adalah pada fitur dan karakteristiknya.

Fitur dan karakteristik yang dimiliki jurnalisme online membuat mereka memiliki kemungkinan tidak terbatas dalam memproduksi dan menyebarkan berbeda. Tipe dalam jurnalisme online dikenal dengan contextualized journalism, dimana tipe ini menggabungkan multimedia, interaktif, dan hypertextual.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan