Mohon tunggu...
Bonnie Soeherman
Bonnie Soeherman Mohon Tunggu... Konsultan - Akademisi, Konsultan Bisnis, dan Penggemar Ultraman

20 tahun berpengalaman di dunia pendidikan, dan 12 tahun di dunia praktik , Bonnie adalah lulusan program doktor akuntansi Universitas Airlangga. Saat ini, Bonnie adalah ketua program studi Magister Akuntansi Universitas Surabaya. Kegemarannya di waktu luang adalah fotografi action figures dan kadang merakit Gundam plastic.

Selanjutnya

Tutup

Film Pilihan

Rahasia Spiritual Jurus Pencak Silat Ultraman Ribut

3 November 2021   10:29 Diperbarui: 3 November 2021   10:38 548 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Ketenaran Upin Ipin telah menarik hati Tsuburaya untuk bergabung melalui IP Ultraman Ribut pada tahun 2014 lalu. Ribut yang dalam basaha Indonesia berarti badai. 

Disainnya lintas generasi, dominan klasik, namun ada sentuhan futuristik. Terus terang saya menyukainya. Kemudian fans Ultraman dikejutkan dengan hadirnya Ribut pada mini series UGF New Generation Heroes dan The Absolute Conspiracy. Ribut seolah menjadi salah satu tokoh sentral di sana dan nampaknya cukup powerfull.

Senjatanya unik, tombak dan tameng. Bagi pemerhati seni beladiri, gaya tarung Ribut tak kalah menarik. Pencak Silat, itulah sebutannya. Seni beladiri pencak silat berakar dari budaya Melayu yang tersebar di beberapa negara di Asia Tenggara.   

Sheikh Shamsuddin (2005) berpendapat bahwa terdapat pengaruh ilmu beladiri dari Cina dan India dalam silat. Itulah mengapa ada unsur Taichi di dalamnya. 

Hal ini dapat dimaklumi karena memang kebudayaan Melayu (termasuk Pencak Silat) adalah kebudayaan yang terbuka yang  sejak awal   telah beradaptasi dengan berbagai kebudayaan yang dibawa oleh pedagang maupun perantau dari India, Cina, Arab, Turki, dan lainnya. Kebudayaan-kebudayaan itu kemudian berasimilasi dan beradaptasi dengan kebudayaan penduduk asli.


Sebagai contoh, bangsa Melayu terutama di Semenanjung Malaka meyakini bahwa Hang Tuah dari abad ke-14 adalah pendekar silat yang terhebat. Hal seperti itu juga yang terjadi di Jawa, yang membanggakan Gajah Mada. P

ada tahap selanjutnya, silat berkembang dari sekedar ilmu beladiri dan seni tari rakyat, menjadi bagian dari pendidikan bela negara untuk menghadapi penjajah. Disamping itu juga pencak silat menjadi bagian dari latihan spiritual. Pencak silat membangun dan mengembangkan kepribadian dan karakter mulia seseorang.

Ada beberapa hal menarik dalam seni beladiri ini.

Sikap dan Gerak. Pencak silat ialah sistem yang terdiri atas sikap (posisi) dan gerak-gerik (pergerakan). Ketika seorang pesilat bergerak ketika bertarung, sikap dan gerakannya berubah mengikuti perubahan posisi lawan secara berkelanjutan. 

Segera setelah menemukan kelemahan pertahanan lawan, maka pesilat akan mencoba mengalahkan lawan dengan suatu serangan yang cepat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Film Selengkapnya
Lihat Film Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan