Mohon tunggu...
Calon Pujangga
Calon Pujangga Mohon Tunggu... Lainnya - Masih amatiran. Terima kasih sudah membaca dan berkunjung. :)

Calon Pujangga hobi menulis, membaca karya sastra dan berteater. Suka sama seni dan berwisata. Isinya kisah-kisah dan ragam konten lainnya.

Selanjutnya

Tutup

Trip Pilihan

Kampung Inggris

17 Desember 2020   21:10 Diperbarui: 18 Desember 2020   10:46 507
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

 

Kalian suka berwisata sambil belajar? Aku saranin untuk ke salah satu kota kecil di Jawa Timur bernama Pare. Pare memang terkenal dengan gudangnya kursus bahasa asing, terutama bahasa Inggris. Orang-orang biasa menyebutnya Kampung Inggris. Tempat untuk kursus bahasa Inggris ada sekitar 80% dan 20% bahasa asing yang lain, seperti Jerman, Jepang, Inggris, Perancis dan Arab. Selain kursus bahasa, aku akan berkenalan dengan orang-orang dan lingkungan yang baru. Waktu itu, aku kursus bahasa Jerman. 

Pertama kali tiba di Pare, aku dikejutkan oleh banyak hal yang tidak kutemui di manapun. Banyak pendatang yang kursus. Terlebih, hari itu bertepatan dengan liburan sekolah. Kendaraan andalan mereka yang ramah lingkungan adalah sepeda gowes. Untuk harga sewa sepeda mulai dari sekitar Rp 70.000,- / bulan. Harga sewa tergantung kepada kualitas dan kenyamanan sepeda yang digunakan.

Sebab situasi yang mendesak, tidak sempat mencari indekos, begitu aku menemukannya, aku langsung memilihnya. Indekosnya tepat ada di depan tempat aku kursus. Untuk harga indekos, rata-rata sewanya perbulan. Harga sewa mulai dari Rp 500.000,-. Ada yang sewa satu kamar untuk sendiri, berdua, bahkan sampai berempat. Tergantung dari fasilitas yang disuguhkan dan satu kamar berisi berapa orang. Selain itu, indekos ada yang khusus untuk putri, putra, dan campur. Adapun semacam kamp yang mewajibkan penghuninya berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris. Jika di dalam kamp mereka tidak berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris, maka akan diberi hukuman ringan ataupun denda.

Aku menghabiskan waktuku selama kurang lebih dua bulan berada disana.  Satu bulan kemudian, aku pindah ke indekos khusus putri di Jl. Anyelir. 

Dapur
Dapur

Kamar Mandi Luar
Kamar Mandi Luar

Untuk biaya hidup, banyak yang melayani jasa laundry mulai dari Rp 3.000,- / kg. Ketika kalian lapar, merogoh kocek sebesar Rp 10.000,- sudah mendapatkan nasi beserta beberapa lauk pauk. Salah satu warung makan yang aku sarankan yaitu Warung An-Nur 2 dan Warung Uncle Nur. Bagi yang sudah pernah kesini, pasti sudah tidak asing lagi dengan nama kedua warung makan ini.

Warung Uncle Nur
Warung Uncle Nur

Makan di Warung An-Nur 2
Makan di Warung An-Nur 2

 Kebutuhan sehari-hari, kalian bisa mengunjungi Toko Swalayan Al-Amin di Jl. Brawijaya. Tepat di sebelah toko ada ATM BRI ketika amunisi kalian sudah habis. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun