Mohon tunggu...
Calista Zafira Chavik
Calista Zafira Chavik Mohon Tunggu... Pelajar

04 - XI IPS 2 - SMAN 28 Jakarta

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup Pilihan

Simak Tips Menjalin Hubungan yang Sehat Bersama Pasangan!

4 Agustus 2020   10:36 Diperbarui: 4 Agustus 2020   10:35 102 7 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Simak Tips Menjalin Hubungan yang Sehat Bersama Pasangan!
https://dribbble.com/

Dalam menjalani hubungan, tentu ada suka dan dukanya. Tapi yang namanya hubungan pasti melibatkan 2 orang dan tidak dapat terhindar dari konflik. Pada akhirnya, dari konflik tersebut bisa menimbulkan perselisihan. Duh, cape gak sih?

Nah, sebenarnya perselisihan dalam suatu hubungan itu wajar, lho! Tapi yang pasti ada batasnya. Kalau perselisihannya berlebihan dan mempengaruhi fisik serta psikis kalian secara negatif, bisa-bisa hubungan kalian itu toxic! Jadi, sebenarnya bagaimana sih cara menjalin hubungan yang sehat itu? Yuk, simak caranya di bawah ini!

1. Komunikasi

Seperti yang sudah kalian tahu, komunikasi adalah kunci dalam setiap hubungan. Pada kenyataannya komunikasi memang sederhana, tapi banyak pasangan yang bertengkar atau bahkan putus karena perkara komunikasi. Lho, kok bisa?

Nah, jadi komunikasi itu bukan hanya sekadar mengobrol, guys. Kalian juga harus mendengarkan apa yang pasangan kalian bicarakan, sesekali bertanya tentang hal itu untuk menunjukkan bahwa kalian tertarik. Luangkan waktu untuk benar-benar ada buat mereka. Jangan lupa untuk mencoba mengerti dan memahami mereka juga, yaa!

2. Jangan berekspektasi terlalu tinggi

Dalam menjalin hubungan, pastinya kalian terdiri dari 2 individu yang berbeda. Bukan hanya berbeda fisik, tapi juga berbeda dalam hal yang disukai, pola pikir, gaya hidup, dan lain-lain. Mungkin kalian memiliki tipe pasangan ideal yang sempurna, tapi jangan! Jangan jadikan itu standar untuk pasangan kalian!

Pada dasarnya, kita semua diciptakan berbeda-beda dan tidak ada yang sempurna. Kalau kalian menemukan ketidaksempurnaan yang ada dalam diri pasangan, terimalah mereka. Lagipula, kalian sendiri juga hanya manusia biasa, kan? Yang terpenting itu bisa saling menerima, tetap realistis dan tidak merugikan satu sama lain!

3. Jangan lupa me time
https://dribbble.com/
https://dribbble.com/

Ternyata, me time dalam suatu hubungan itu juga penting, lho! Semua orang termasuk kalian dan pasangan tentu membutuhkan waktu sendiri. Jadi, beri waktu dan ruang untuk satu sama lain untuk kepentingan masing-masing, ya!

4. Berkompromi dan saling mengerti

Yang namanya hubungan, sudah pasti akan ada konflik, bukan? Bisa dimulai dari kesalahpahaman, perbedaan pendapat, dan lainnya. Jika pasangan kalian melakukan kesalahan, apakah kalian akan langsung ‘menyerang’ mereka dengan marah-marah?

Jangan, ya! Jika terjadi konflik dan kalian mulai bertengkar, tenangkan diri kalian terlebih dahulu. Setelah itu, mulailah berbicara dengan jelas. Hindari penggunaan kata yang menyalahkan atau menyudutkan pasangan kalian. Coba untuk saling mengerti dengan melihat permasalahan dari sudut pandang pasanganmu. Untuk penyelesaian masalah dilakukan bersama, ya! Ikut terlibat dan saling berkompromi agar penyelesaian masalah tidak hanya dilakukan oleh satu pihak.

5. Jadi diri sendiri

Menjadi diri sendiri kesannya mudah, ya? Di depan keluarga bisa, di depan teman-teman bisa, tapi di depan pasangan..? Rasanya, ingin jaga image terus! Bukan tidak boleh, yang penting jangan terbawa terus hingga hubungan kalian, ya. Jangan pura-pura menjadi seseorang yang bukan kalian hanya demi pasangan. Cukup jadi diri kalian sendiri!

6. Saling support

Kalian semua pasti punya cita-cita, kan? Begitu juga dengan pasangan kalian. Dalam menjalin hubungan, saling support itu juga penting. Dukung mimpi pasangan kalian selama itu positif. Tetaplah ada di sisi mereka dari sekarang, jangan hanya menunggu ketika mereka telah sukses!

7. Menjalin hubungan dengan tujuan untuk menjadi individu lebih baik

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x