Mohon tunggu...
Yudi Setiawan
Yudi Setiawan Mohon Tunggu... Tentara - Belajar menjadi lebih baik

Semua yang kita miliki hanyalah titipan Ilahi

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Duka Cianjur adalah Duka Kita Bersama, Akun Mako Koarmada I Peduli Bencana Gempa Bumi Cianjur

26 November 2022   16:02 Diperbarui: 26 November 2022   16:11 183
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gempa bumi yang terjadi di Jawa Barat  tepatnya di Kabupaten Cianjur pada tanggal 21 November 2022 pukul 13.21 WIB membawa duka yang sangat dalam bagi seluruh warga di Cianjur. Gempa bumi yang berkekuatan 5,6 Mw dengan kedalaman 10 km membuat kerusakan yang luar biasa dan banyak merenggut korban.

TNI AL dalam hal ini Akun Mako Koarmada I yang berkedudukan di Jl. Gunung Sahari No 67 Jakarta Pusat turut merespon atas musibah yang terjadi. Hati nurani serta rasa kemanusiaan memanggil atas terjadinya musibah tersebut. 

Pada tanggal 23 November Tim dari Akun Mako Koarmada I yang di pimpin langsung oleh Ka Akun Mako Koarmada I Letkol Laut (S) Abu Ali., S.E., M.Tr. Opsla dan di dampingi oleh Kasubsiyar Mayor Laut (S) Yudi Setiawan., S.T serta beberapa anggota berangkat menuju Cianjur tepatnya Kampung Babakan Desa Nyalindung Kecamatan Cugenang RT 04 RW 03 dengan membawa beberapa bantuan untuk meringankan beban warga yang terdampak bencana gempa bumi tersebut.

Dokpri
Dokpri


Perjalanan yang cukup panjang dan melewati medan yang kurang bersahabat tidak menyurutkan niat mulia tersebut. Tim berangkat dari Jakarta pada pukul 10.30 WIB dan tiba di Kampung Babakan pada kurang lebih pukul 19.45 WIB. 

Hati kami menangis melihat kondisi yang ada saat itu, kami menemukan anak anak dan balita yang harus tidur dabawah tenda pengungsian tanpa alas yang layak serta harus melawan dinginnya udara malam. Rumah rumah yang rusak, listrik padam, sumber air yang masih terdampak dan terus terjadi gempa serta longsor susulan di sepanjang malam saat kami berada disana.

Kesedihan kami semakin dalam saat menyadari bahwa barang bawaan kami ternyata sangatlah kecil jika dibandingkan dengan jumlah warga yang terdampak. Tapi kami menyadari bahwa niat baik sekecil apapun akan membawa dampak positif bagi warga terdampak bencana gempa bumi ini.

Dokpri
Dokpri

Dengan kejadian dan fakta di lapangan yang kami lihat saat itu kami ingin menyampaikan bahwa saudara kita yang berada di Cianjur yang saat ini sedang mengalami kesusahan bencana gempa bumi sangat membutuhkan bantuan dari kita semua.

Dengan kami hadir dan melihat langsung kami bisa memberikan saran terkait bantuan yang saat ini di perlukan oleh saudara saudara kita diantaranya obat obatan, selimut, pakaian anak dan balita, keperluan anak dan balita, air minum, air bersih dan bahan makanan. Semoga kebaikan yang kita berikan bisa meringankan saudara kita yang sedang mendapatkan musibah dan semoga di catat sebagai amal ibadah AMIN...

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun