Mohon tunggu...
Ruslan Effendi
Ruslan Effendi Mohon Tunggu... Pemerhati Anggaran, Politik Ekonomi, Bahasa

Bernalar, sadar, dan emansipatif

Selanjutnya

Tutup

Pemerintahan Pilihan

Adakah Prinsip Kebebasan Berbicara?

22 November 2020   09:02 Diperbarui: 22 November 2020   09:18 33 5 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Adakah Prinsip Kebebasan Berbicara?
Foto: https://www.indexoncensorship.org/

Melanjutkan cerita sebelumnya, kali ini memunculkan sebuah pertanyaan, "apakah ada prinsip kebebasan bicara?

Prinsip merupakan proposisi atau nilai yang menjadi pedoman untuk perilaku atau evaluasi. Dalam hukum, ini adalah aturan yang harus atau biasanya diikuti, atau dapat diikuti dengan keinginan, atau merupakan konsekuensi yang tak terelakkan dari sesuatu, seperti hukum yang diamati di alam atau cara suatu sistem dibangun. 

Jika di kampus-kampus kebebasan berbicara saja sudah dibatasi, apalagi di ruang-ruang publik lain yang lebih terbuka. Jika satu orang atau kelompok bebas berbicara, maka kebebasannya itu bisa jadi akan meniadakan kebebasan berbicara orang atau pihak lainnya. Maka akan timbul kesulitan bagaimana mengidentifikasi bahwa pihak-pihak yang berseberangan saling dianggap benar semua? 

Profesor hukum di Universitas San Diego, Larry Alexander menjelaskan:

"Jika masing-masing pihak bisa membuat keputusan yang masuk akal mengaku memakai mantel kebebasan berbicara, kita harus menyatakan bahwa tidak ada prinsip kebebasan berbicara yang umum dan bahwa label kebebasan berbicara diterapkan oleh polemik untuk kebebasan berbicara yang menegaskan nilai-nilai yang sudah dipegang oleh masing-masing piha: Ini adalah ucapan yang harus diucapkan dengan bebas tanpa batasan." 

Nah sangat sulit. Kebebasan berbicara pada akhirnya menjadi urusan politik

Konsep Kosong

Stanley Fish, sarjana hukum, penulis dan intelektual publik dan Profesor Tamu Terhormat di Sekolah Hukum Benjamin N. Cardozo, Universitas Yeshiva di New York City menjelaskan tentang konsep kosong ala Larry Alexander atas kebebasan berbicara.

Dalam bukunya, The first. How to think about hate speech, campus speech, religious speech, fake news, post-truth, and Donald Trump.  konsep kosong (vacuous concept). 

Artinya konsep tidak menjelaskan apa-apa. Setiap definisi bicara dan tujuan bicara akan selalu dianggap bersifat lokal, konteksnya tertentu, akan ditantang oleh pembicara berbeda. 

Penanda Kosong

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN