Mohon tunggu...
Cakra Mandala
Cakra Mandala Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa D4 - Teknik Infrastruktur Sipil & Perancangan Arsitektur

KKN TIM II UNDIP Periode 2022 Kelurahan Ngijo, Kecamatan Gunung Pati, Kota Semarang

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Mahasiswa KKN UNDIP Melakukan Peremajaan Papan Nama Jalan yang Ada di RW.04 Kelurahan Ngijo

13 Agustus 2022   15:17 Diperbarui: 13 Agustus 2022   15:30 88 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

CIAMIK! Ada yang baru di RW.04 Kelurahan Ngijo! Mahasiswa KKN UNDIP Melakukan Peremajaan Papan Nama Jalan Yang Ada di RW.04 Kelurahan Ngijo

Semarang (12/08/2022), Papan nama jalan merupakan sebuah fasilitas pendamping atau pelengkap suatu jalan di sebuah wilayah tertentu yang berisikan informasi mengenai identitas suatu lokasi atau tempat. Selain untuk memperindah lokasi atau tempat yang ditunjuk, tanpa adanya papan nama jalan maka orang-orang khususnya pendatang akan sulit untuk mencari atau mengenali tempat yang dituju.

Di RW.04 Kelurahan Ngijo sendiri telah tersedia 8 papan nama jalan yang berada dibeberapa titik jalan tertentu, namun kondisi papan nama jalan yang tersedia sekarang telah usang dan ada beberapa yang telah rusak. Oleh karena itu, mahasiswa KKN Tim II UNDIP 2022 ini membantu untuk memperbarui atau memperemajakan papan nama jalan yang sudah ada.

Kegiatan diawali dengan melakukan survey lokasi papan nama jalan yang telah tersedia di RW.04 Kelurahan Ngijo mengenai ukuran papan dan tinggi tiang untuk memperkirakan kebutuhan cat yang akan dipakai untuk memperbarui papan nama jalan tersebut. Lalu dilanjutkan dengan pencabutan papan nama jalan untuk diperbarui di Posko KKN Tim II UNDIP 2022 Kelurahan Ngijo.

dokpri
dokpri

Tahap berikutnya dilanjutkan dengan proses desain papan nama jalan yang nantinya menjadi gambaran seperti apa papan jalan akan diperbarui menggunakan software desain yaitu Photoshop. Lalu untuk tulisan nama jalan sendiri dibuat dengan metode cutting sticker dari hasil desain papan nama jalan tersebut.

dokpri
dokpri

Langkah berikutnya adalah melakukan proses pengecatan yang diawali dengan mengamplas permukaan papan dan tiang supaya lebih halus dan mendapatkan hasil yang optimal dalam pengecatan. Setelah proses pengecatan selesai dilanjutkan dengan penempelan tulisan nama jalan dari Cutting Sticker.

dokpri
dokpri

Setelah pembaruan papan nama jalan selesai, berikutnya dilakukan pemasangan kembali papan nama jalan yang sudah diperbarui bersama Bapak Ketua RW.04 Kelurahan Ngijo. Selama proses pembaruan, beberapa warga sekitar turut bersuka cita atas dijalankannya kegiatan ini dan memberikan dukungan penuh. Seusai pelaksanaan kegiatan pembaruan atau peremajaan papan nama jalan di RW.04 Kelurahan Ngijo ini, diharapkan dapat bermanfaat bagi masyarakat khususnya warga RW.04 dan pendatang serta dapat terawat dengan baik.

dokpri
dokpri

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan