Mohon tunggu...
Kamaluddin
Kamaluddin Mohon Tunggu... Sekertaris Wilayah Forum Santri Nasional Sulawesi Tenggara dan Ketua PMII Konawe periode 2017-2018

Memanusiakan Manusia

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan

"Sumber Daya Mineral atau Energi Indonesia Melimpah" Itu Bulshit

14 Desember 2019   20:02 Diperbarui: 14 Desember 2019   20:15 30 0 0 Mohon Tunggu...
"Sumber Daya Mineral atau Energi Indonesia Melimpah" Itu Bulshit
Gambar Diambil dari Katadata.com

Indonesia merupakan negara kepulaun terbesar didunia dimulai dari sabang sampai merauke, miangas sampai pulau rote seperti lagu yang sering kita dengar di stasiun TV yang iklannya "Indomie" itu hahaha,ternyata luas Republik Indonesia jika kita di banding dengan negara lain jelas lebih luas Indonesia, banyangkan saja luas Indonesia lebih luas dari pada eropa barat. Gilakan?? ternyata Indonesia besar juga ya haha, tapi kok kalau dilihat dipeta kelihatan kecil yaa??? 

Kita perlu tau juga bahwa Indonesia bukan hanya memiliki daerah yang luas, namun juga memiliki laut yang luas, sehingga hal itulah yang menjadikan Indonesia kaya akan sumber daya alamnya, suku, budaya, agama, bahasa dan lain sebagainya. Apalagi ditambah Indonesia berada didaerah khatulistiwa dunia, makin luar biasalah kata orang-orang tua dulu. Karena Indonesia sebagai negara terluas di dunia menjadikan Indonesia memiliki jumlah penduduk terbesar ke 4 di dunia dengan total jumlah penduduk sekitar 267 juta jiwa, sudah termaksud anak-anak sampai ceweknya. Dengan jumlah penduduk yang begitu banyak sehingga menjadikan Indonesia sangat membutuhkan akan energi atau mineral untuk membantu bekerja atau beraktivitas dalam kehidupan sehari-sehari.

Kebutahan atau konsumsi akan energi masyarakat Indonesia jikalau dilihat berdasarkan data Asean Center For Energy sebesar 44% ini untuk negara-negara di Asia Tenggara dan juga diprediksi bahwa pada tahun 2025 kebutuhan akan energi masyarakat Indonesia itu cukup tinggi kira-kira mencapai 238,8 juta ton

TOE berdasarkan skenario BaU (Business as Usual) dan bahkan diprediksi untuk 10 sampai dengan 20 tahun kedepan kebutuhan itu akan terus mengalami peningkatan. Kerena kebutuhan akan energi yang begitu tinggi, sehingga menyebabkan Indonesia masuk kedalam kategori negara paling banyak mengkonsumsi energi dan paling  boros untuk penggunaan energi, kenapa bisa demikian??  sebab penggunaan energi masyarakat Indonesia tidak tepat sasaran atau digunakan dalam hal yang tidak bermanfaat, misalkan dipake jalan-jalan, atau kegiatan lainnya. Jika melihat konsumsi energi masyarakat  Indonesia yang begitu boros, apa mungkin ya kalau masyarakat Indonesia lupa dengan istilah "Boros Itu Temannya Setan"?? Ahh tapi sudahlah namanya juga Indonesia, kalua bukan lupa yaa bukan Indonesia namanya.

Lanjut lagi yaa... Penggunaan akan Energi yang begitu banyak, yang dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia juga tidak dibarangi dengan cadangan Energi yang dimiliki oleh Indonesia. Bayangkan saja cadangan energi yang dimiliki Indonesia itu hanya sedikit cuy, kita bisa lihat dari cadangan minyak yang dimiliki Indonesia, Indonesia itu hanya memiliki 9 Milyar Barel minyak, terus Cadangan Gas yang dimiliki Indonesia juga hanya 170 TSCF (Trillion Standart Cubic Feed), dan satu lagi Cadangan Batu Bara yang dimiliki Indonesia itu hanya sebesar 37 miliar ton. Dan yang harus perlu untuk diingat dan harus terekam dimemori kita semua dan bahkan kalau bisa jangan sampe dilupa. Karena kalau sampai lupa bisa gawat darurat, soalnya cadangan energi yang dimiliki indonesia itu diprediksi akan habis dalam jangka waktu 18 - 25 tahun kedepan dan itu bahanya cuy, bisa-bisa anak cucu dan cicit kita tidak dapat apa-apa hanya dapat ampas saja, kan kasian kalau mereka hanya mendapatkan ampas-ampasnya, dan hanya batu bara saja yang akan lama habisnya, yang lainnya tidak ada harapan.

Jadi, dari sekarang jangan percaya lagi kalau masih ada yang bilang Sumber Energi atau Mineral kita masih banyak, itu bulshit atau omong kosong, soalnya Indonesia itu hanya ada diposisi ke 27 untuk cadangan minyak, untuk gas itu ada di posisi 14, kita bisa lihat minyak dan gas saja nga masuk kedalam 20 besar dan 10 besar negara yang memiliki cadangan minyak, kalau begitu apa yang diharapkan??? Nah, jadi kita bisa simpulkan kalau kata-kata "Sumber Energi atau Mineral kita masih banyak" itu bulshit. Tapi jangan bersedih dulu masih ada kabar gembira yang datang dari batu bara, kabarnya bahwa cadangan batu bara yang dimiliki Indonesia ada diposisi ke 5, yaa lumayanlah, cukup untuk membanggakan hati ini yang sudah terluka, tapi perlu untuk di ingat juga masa iya kita mau konsumsi terus batu baru, kan nga mungkin.

Nah, jadi mulai dari sekarang bangun lah dari mimpi indah itu, soalnya mimpi itu membuat kita nyeyak tidur dan tidak mau bangun-bangun, akibatnya kita nga sadar-sadar kalau Cadangan Energi kita hanya sedikit, kita masih nyaman dan tenang dengan mengatakan cadangan energi kita banyak. Sehingga kita teriak-teriak seenaknya saja mengatakan bahwa
pemerintah itu kenapa selalu ekspor minyak atau BBM?? Padahal cadangan minyak kita banyak. Eee tau nga kalau konsumsi energi kita itu 1,6 juta barel pertahun, minyak Indonesia itu hanya mampu menyediakan 550 Barel saja, terus setegahnya didapat dari mana?? Kalau bukan ekspor. Eemmm, maka dari itu bangunlah dari mimpi, kalau sudah bangun supaya kita langsung menyiapkan diri mencari solusi yang tepat sebagai pengganti kalau minyak kita habis atau mencari solusi penganti dari energi fosil yang kita konsumsi tiap harinya.

VIDEO PILIHAN