Mohon tunggu...
Sang Punakawan
Sang Punakawan Mohon Tunggu... Jurnalis - Penulis Jalanan

Menggoreskan Tinta Sesuai Realita

Selanjutnya

Tutup

Karir Pilihan

Empat Berhasil, Lima Sempurna

23 Agustus 2021   23:40 Diperbarui: 23 Agustus 2021   23:42 67 4 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Empat Berhasil, Lima Sempurna
Foto merahputih.com

Siapa yang tidak ingin kaya? Dari pertanyaan ini bisa dikatakan kalau mayoritas orang ingin berhasil dalam usaha dan kaya. Namun terkadang keinginan itu hanya sebatas keinginan tanpa didasari dengan tekad yang kuat. 

Memang untuk berhasil dalam usaha dibutuhkan sebuah modal dan keterampilan, namun apa artinya modal dan sebuah keterampilan jika semua terhenti pada angan-angan semata?

Dalam tahap keberhasilan sebuah usaha, ada poin-poin penting yang kadang tidak begitu diperhatikan oleh seorang pemulai usaha. Mengacu pada pertanyaan awal, bahwa mayoritas orang ingin berhasil dalam usaha dan kaya. 

Namun bukan itu yang harusnya dipegang dalam memulai sebuah usaha. Yang patut dipegang dan dipertahankan dalam memulai usaha adalah komitmen untuk berhasil dan kaya. 

Dengan komitmen maka seseorang akan berusaha bertahan dalam goncangan badai. Dan perlu diingat, bahwa dalam usaha tidak serta merta seseorang langsung berhasil. Ada tahap-tahap tertentu agar keberhasilan dalam usaha bisa menjadi nyata.

Dalam tahap pertama, seorang yang merintis usaha pasti akan mengeluarkan tenaga, waktu, pikiran, modal. Dalam tahap ini jangan berpikir prematur untuk mendapat untung. Jangankan untung, rugi dari segala hal kemungkinan besar akan terjadi. 

Dan di sinilah sebuah kesabaran dan ketekunan diuji sebagai tumbal awal sebuah keberhasilan. "Bekerja keras dan rugi," ini tahap awal dalam merintis sebuah usaha.

Dalam tahap kedua, seseorang yang merintis sebuah usaha tetap dituntut bekerja keras dan akan masih rugi. Kebanyakkan orang akan menyerah dan gagal bangkit dalam tahap ini. 

Banyak yang menganggap kalau usahanya sia-sia belaka karena tidak ada hal yang didapat. Ibarat menanam jagung, dalam tahap ini sebenarnya benih jagung telah ditanam dan sedang tumbuh. 

Dalam tahap ini sebenarnya sebuah usaha sedang tumbuh dan memang belum menampakkan hasil yang diharapkan. Ingat, untuk bisa menaiki tangga ke empat, maka tangga kedua juga harus dilewati. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Karir Selengkapnya
Lihat Karir Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan