Mohon tunggu...
Cahyatul Uviana
Cahyatul Uviana Mohon Tunggu... Jurnalis - Mahasiswa

Live Your Life

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Fungsi Human Resource Management dalam Perusahaan

20 Desember 2021   12:37 Diperbarui: 20 Desember 2021   19:51 344 9 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Human Resource (sumber : e-trainingonline.com)

Tidak ada perusahaan yang tidak membutuhkan sumber daya manusia karena SDM merupakan aset yang berharga dan paling mahal dalam perusahaan dibandingkan dengan aset-aset lainnya.

Tanpa adanya SDM suatu perusahaan tidak akan bisa berjalan dan berkembang karena SDM merupakan penggerak utama bagi perusahaan.  

Dalam menjalankan setiap kegiatannya, perusahaan membutuhkan keberadaan SDM agar kegiatan yang dilaksanakan bisa berjalan dengan baik dan lancar.

Karena posisi SDM sendiri sangat penting maka harus ada sebuah pengelolaan, agar SDM yang dihasilkan baik, berkualitas dan kompeten di bidangnya masing-masing. Menurut Edwin B. Flippo (1984) mengatakan bahwa pengelolaan SDM merupakan proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengendalian dari penyediaan tenaga kerja.

Dalam setiap perusahaan pasti terdapat pemimpin di dalamnya, dan setiap pemimpin merupakan manajer sumber daya manusia. Salah satu tugas manajer sumber daya manusia adalah mengambil langkah dan keputusan dalam setiap kegiatan manajemen sumber daya manusia mulai dari perencanaan ketenagakerjaan hingga pensiunan pegawai.

Human Resource Management (HRM) atau Manajemen Sumber Daya Manusia, bertugas dalam pengelolaan SDM di setiap perusahaan. Setiap perusahaan pasti terdapat HRM didalamnya.

Dalam melakukan pengelolaan SDM maka hal ini harus dilakukan dengan baik, jika tidak maka akan menimbulkan dampak buruk bagi perusahaan. 

Berikut terdapat fungsi HRM:

1.       Mengadakan Rekrutmen dan Seleksi

Salah satu fungsi HRM ini diawali dengan mengadakannya sebuah rekrutmen padai karyawan yang hendak memasuki sebuah perusahaan. Dengan adanya rekrutmen HR bisa menyeleksi dengan mudah calon karyawan yang memenuhi syarat dan tidak memenuhi syarat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan