Mohon tunggu...
Cahyatul Uviana
Cahyatul Uviana Mohon Tunggu... Jurnalis - Mahasiswa

Live Your Life

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Lakukan Cara Ini untuk Mengatasi Stres Anda

4 November 2021   18:06 Diperbarui: 4 November 2021   18:13 170 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ketika seseorang sedang mengalami stress kerja (Sumber: tipskerja.com)

Apakah kalian pernah mengalami stress?

Stress bisa terjadi kepada siapa saja dan dapat terjadi di mana saja. Yang sering kita temui stress kerja bisa terjadi pada anak-anak sekolah, mahasiswa, orang yang sedang bekerja.  Tetapi bukan berarti orang selain yang tidak disebutkan tidak mengalami stress. Bahkan stress juga bisa bersumber dari rumah. Karena itu stress bisa melanda siapa pun dan di mana pun.

Kali ini kita akan membahas tentang stress kerja, dimana stress ini dialami dan bersumber dari tempat kerja. Hal ini tentu saja sangat berdampak bagi kesehatan mental dan produktivitas seorang karyawan. Karena pada dasarnya stress kerja menyebabkan dampak yang negatif bagi diri sendiri maupun lingkungan sekitar. Jika karyawan mengalami stress kerja maka produktivitas karyawan menurun, bukan?

Hal ini juga akan mempengaruhi sebuah perusahaan dimana karyawan itu bekerja. Maka dari itu perusahaan yang baik adalah perusahaan yang bisa memperlakukan dan melindungi karyawannya dengan baik, sehingga hal ini akan mengurangi dan mencegah mereka untuk tidak terkena stress kerja.

Tetapi apakah perlakuan dari perusahaan saja sudah cukup? Tentu saja tidak.

Penyebab Stress Kerja

Sebuah stress kerja bersumber bukan hanya dari satu sumber saja, melainkan karena beberapa faktor lainnya. Berikut faktor penyebab terjadinya stress kerja menurut Halodoc

Diantaranya yaitu ketika terjadi konflik dengan rekan kerja.Tidak sedikit dari kita yang sering mengalami ketidakcocokan dengan seseorang. Hal ini juga bisa dialami oleh seorang karyawan yang ketika tidak cocok dengan partner kerjanya. Ketidakcocokan inilah yang rentan menimbulkan konflik antar karyawan.

Kemudian stress kerja juga bisa ditimbulkan oleh faktor internal, yaitu ketika diri sendiri tidak bisa menahan emosi. Seperti contohnya ketika kita sedang badmood atau pikiran sedang semrawut karena memikirkan banyak hal, sebisa mungkin jangan diperlihatkan atau dilampiaskan kepada orang lain, seperti rekan kerja maupun atasan. Karena hal ini juga bisa mempengaruhi suasana lingkungan kerja sekitar.

Jika sedang dalam keadaan seperti itu, aturlah emosi sebaik mungkin. Jika tidak bisa menstabilkan emosi dengan baik, lakukanlah kegiatan yang bisa menjernihkan pikiran. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan