Mohon tunggu...
Cahya Suryadi
Cahya Suryadi Mohon Tunggu... Dosen - Universitas Singaperbangsa Karawang

Peserta LATSAR CPNS LAN RI Gel. V Angkatan XVI

Selanjutnya

Tutup

Indonesia Sehat Pilihan

Pentingnya Menjaga Fisik dan Mental untuk Kewaspadaan Masyarakat dalam Upaya Bela Negara

24 Agustus 2022   08:05 Diperbarui: 24 Agustus 2022   08:07 84 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Indonesia Sehat. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Pandemi yang sedang terjadi dalam kurun waktu dua tahun terakhir ini tentu telah banyak memberikan dampak yang cukup signifikan terhadap beberapa sektor, baik itu sektor perekonomian, pertanian maupun industri. 

Hal yang paling dirasakan oleh masyarakat adalah pada sektor perekonomian, pertumbuhan ekonomi nasional dalam dua kuartal berturut-turut mengalami penurunan sebesar 5,32%.

Untuk mencegah laju penularan di Indonesia, pemerintah memberlakukan pembatasan sosial skala besar (PSBB) yang mengakibatkan transportasi darat dan laut dibatasi, beberapa penerbangan dihentikan sehingga sangat membatasi pergerakan masyarakat antar daerah, beberapa industri berhenti beroperasi yang mengakibatkan tsunami PHK di berbagai daerah, sehingga banyak masyarakat yang tidak punya penghasilan tetap.

Dengan berkurangnya atau bahkan terhentinya penghasilan masyarakat, maka ini tentu berpengaruh terhadap ketahanan pangan, yang bisa mengakibatkan tidak terpenuhinya gizi atau asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Itulah yang akan menjadikan fisik atau bahkan mental kita berkurang.

Oleh karenanya sangat penting bagi pemerintah untuk segera mengeluarkan kebijakan-kebijakan yang dapat memulihkan kondisi perekonomian nasional. salahsatunya yaitu tersedianya lapangan kerja. Agar ketahanan pangan masyarakat meningkat dan gizi maupun asupan nutrisi terpenuhi yang akan mempengaruhi kondisi fisik dan mental masyarakat.

Dengan fisik dan mental yang kuat, masyarakat akan siap menghadapi ketidakpastian ancaman-ancaman global. Dimulai dengan invasi Rusia terhadap Ukraina yang dimulai sejak 24 Februari 2022 hingga sekarang. 

Selanjutnya konflik China dan Taiwan yang mulai memanas sejak berkunjungnya Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Amerika Serikat yaitu Nancy Pelosi ke Taiwan pada tanggal 3 Agustus 2022.

 Hanya berselang satu hari setelah kunjungan Pelosi yakni 4 Agustus 2022, China melakukan latihan militer besar-besaran di sekitar perbatasan Taiwan. Sehingga Taiwan menganggap atau memprediksi bahwa China akan menginvasi wilayahnya.  

Tak sedikit masyarakat dunia saat ini yang mengkhawatirkan pecahnya perang dunia ketiga akibat dari konflik-konflik yang sedang terjadi. Tentunya ini akan mengganggu stabilitas dunia termasuk indonesia. 

Tidak menutup kemungkinan juga bahwa negara kita Negara Kesatuan Republik Indonesia akan terlibat didalamnya. Oleh karena itu penting bagi kita untuk selalu menjaga fisik dan mental kita guna untuk membela tanah air tercinta.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Indonesia Sehat Selengkapnya
Lihat Indonesia Sehat Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan