Cahyani
Cahyani Freelance Writer

Yoga, masak dan parenting adalah keseharianku

Selanjutnya

Tutup

Wanita Artikel Utama

Inilah Beberapa Tips Berolahraga saat Menstruasi

27 November 2017   06:20 Diperbarui: 27 November 2017   22:09 1885 1 0
Inilah Beberapa Tips Berolahraga saat Menstruasi
credit: https://www.bancodasaude.com

Menstruasi adalah siklus bulanan bagi setiap wanita dan seringkali momen ini membuat kita jadi super sensitif. Banyak opini yang berkembang terkait hal ini salah satunya adalah olahraga saat menstruasi itu berbahaya. Benarkah atau hanya Mitos?

Cermati tips yang benar, barang kali kamu sudah sering mendengar banyak wanita menyarankan untuk tidak olahraga saat menstruasi. Sebab konon bisa membuat badan jadi tambah nyeri. Membayangkan badan yang sudah nyeri saat menstruasi saja sudah ngeri, masih harus ditambah nyeri lainnya lagi? Pasti mimpi buruk. Tahu tidak bahwa itu semua hanya sekedar mitos? Ternyata melakukan kegiatan olahraga ketika menstruasi tidak berbahaya. Asal dilakukan dengan benar.

Yang harus kamu ketahui adalah kamu harus mempelajari jenis olahraga seperti apa yang cocok dengan siklus menstruasimu. Apalagi ketika menstruasi, badanmu membawa banyak sekali stres meskipun itu alami. Tak perlu olahraga yang keras dan berintensitas tinggi, berikut ini beberapa tips yang wajib kamu lakukan ketimbang berdiam dan meringkuk dalam sakit ketika menstruasi.

Senam Yoga, Menenangkan Jiwa dan Tubuh Sekaligus

Siapa sih yang tidak setuju kalau yoga adalah jenis olahraga atau senam yang bisa membuat tubuh jadi lebih rileks. Gerakan-gerakannya biasanya berisi peregangan yang membuat kamu bisa jadi lebih segar. Meski ketika sedang menstruasi, yoga tetap bisa dilakukan. Pilih saja gerakan-gerakan yoga yang ringan. Ini bisa membantu mencegah kram, sakit di sendi dan darah menggumpal. Plus, yoga mampu melancarkan peredaran darah hingga menguras cairan getah bening sehingga racun dapat dikeluarkan.

credit: https://exercise.japanesestyle-diet.com
credit: https://exercise.japanesestyle-diet.com

Senam Pilates, Gerakannya Membuat Keringat Menetes

Jika kamu tidak terlalu suka melakukan yoga, pilates bisa jadi alternatif lain. Coba saja cari video senam pilates di Youtube, lalu praktekkan sendiri di rumah. Gerakan-gerakan pilates bisa membantu menggerakkan getah bening dan darah sehingga tubuh jadi merasa lebih baik. Olahraga ini juga bisa menghilangkan gas dan kembung. Jadi keluhan umum saat menstruasi bisa hilang dengan pilates.

Malas Senam? Jalan Kaki Saja

Ah jangankan olahraga atau senam, bangun dari tempat tidur saat menstruasi saja sudah jadi kegiatan yang amat berat bagi sebagian orang. Tapi jangan melulu bermalas-malasan, lakukan sedikit gerak dan regangan. Terlalu malas? Jalan kaki saja! Berjalan membantu mengurangi sakit pada pencernaan, meredakan gas, melegakan konstipasi dan mengurangi kram pada otot. Juga, kamu akan merasa lebih sedikit stres sampai rileks ketika usai berjalan kaki.

Waktu Terbaik untuk Olahraga Saat Menstruasi

Kamu pasti sering dengar bahwa pagi hari adalah waktu paling tepat untuk melakukan olahraga. Yup, ini berlaku juga untuk olahraga ketika menstruasi. Kamu bisa tetap bangun pagi dan melakukan peregangan serta olahraga demi menghilangkan rasa sakit yang biasa muncul. Bahkan kamu akan memiliki cukup energi dan mood untuk menjalani kegiatan seharian loh. Jadi, cemberut saat menstruasi? Pergi jauh-jauh deh!

Tips Lain yang Tak Kalah Penting

Pilih pakaian olahraga yang nyaman, bisa juga baju senam yoga atau pilates yang khusus sehingga jadi mood booster buat kita melakukan aktifitas olahraga. Saat senang datang bisa jadi pengalih perhatian kita dari rasa nyeri berkepanjangan. Berikut referensi terkait baju senam wanita dan baju senam yoga dan pilates yang terbaik untuk kamu kenakan, atau buat kamu para muslimah tentu pilihlah baju senam muslim yang berbahan katun spandex sehingga lebih terasa dingin dipakai dan mudah menyerap keringat.

Tak Cuma memilih jenis olahraga atau gerakan yang pas untuk dilakukan saat menstruasi, tips yang ini juga tak kalah penting. Pertama, disarankan untuk mengonsumsi suplemen dengan omega 3. Tujuannya adalah untuk melegakan peradangan pada sendi. Lalu, mandi air hangat dengan garam epsom juga ide yang menarik. Ini bisa mengurangi kram, kembung, konstipasi dan juga sakit pada otot. 

Dan yang tak kalah penting adalah mengonsumsi air yang cukup banyak. Air putih akan membuat harimu makin segar, minum teh juga bisa jadi pilihan. Terakhir namun tak boleh dilupakan yaitu makanan yang kamu konsumsi. Sayur, protein ringan dan makanan yang kaya akan air sangat disarankan untuk dikonsumsi selama masa menstruasi.

Nah, sudah terbukti ya kalau olahraga saat menstruasi itu berbahaya adalah mitos? Kalau kamu mengikuti tips yang ada di atas, dijamin deh tak akan ada lagi waktu-waktu merengek saat menstruasi karena kesakitan. Selamat mencoba ya!