Mohon tunggu...
Ni Luh Cahya Muniasih
Ni Luh Cahya Muniasih Mohon Tunggu... sunny

Prodi Akuntansi FEB Universitas Mahasaraswati Denpasar

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

Profil Investor Pasar Modal RI

26 Maret 2020   18:42 Diperbarui: 10 April 2020   19:54 103 0 0 Mohon Tunggu...

Ni Luh Cahya Muniasih

Prodi Akuntansi FEB Universitas Mahasaraswati Denpasar

Pahamkah kalian mengenai pasar modal nah, aku bakalan jelasin dikit mengenai profil investor pasar modal yang akan aku bahas nih. Di indonesia sendiri pasar modal sudah sangat ngetrend dikalangan para masyarakat indonesia sendiri. Taukah kalian sebagian besar investor ini berasal dari kaum milenial. Mari simak artikel ini!

Persentase Investor Pasar Modal

Per tanggal 27 Desember 2019, PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) mencatat jumlah investor pasar modal mencapai 2,48 juta per. Angka itu meningkat sebanyak 53,04 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2018 yaitu 1,62 juta investor. Peningkatan yang sangat pesat terjadi pada tahun 2019. Investor yang sebagian besar ini berasal dari investor yang berumur 21- 30 tahun atau milenial. Selain itu orang tua rentang usia 31- 40 tahun, investor yang berusia 51- 60 tahun, dan ada juga investor yang berumur kurang dari 20 tahun.

Bursa Efek Indonesia (BEI) mengatakan jumlah pertumbuhan investor dipasar modal indonesia tumbuh signifikan dalam 5 tahun terakhir. Direktur BEI menyebutkan saat ini jumlah investor dimana 60%  nya adalah milenial.

Sepanjang tahun 2019 terdapat 55 Perusahaan Tercatat saham baru, dan merupakan aktivitas pencatatan saham baru (IPO saham) tertinggi di antara bursa-bursa di kawasan Asia Tenggara dan peringkat 71 di dunia, dan ini dapat terus bertambah setiap tahunnya.

Peringkat tertinggi yang dipegang oleh para kaum milenial ini dikarenakan adanya sosialisasi dan pengadaan galeri investasi yang dilakukan agar dapat meningkatkan jumlah investor pada kaum milenial terutama para mahasiswa. Minat para milenial muda sangat diperlukan untuk pasar modal kedepannya karena sangat menentukan nilai peningkatan persentase nilai investasi untuk tahun-tahun kedepannya.

Karena potensi milenial untuk masuk dan berinvestasi pada pasal modal  sangat besar. Peningkatan milenial ini sangat segnifikan dari tahun ke tahun.

Jumlah investor pasar modal terdiri dari investor reksa dana, investor saham, dan investor surat berharga negara. Tidak hanya investor dari dalam negeri investor ini juga termasuk investor dari luar negeri di dalamnya.

Dari kategori pendidikan merupakan lulus strata 1 (S1), sedangkan dari kategori pendidikan investor pasar modal terdiri dari pegawai swasta, pegawai negeri dan guru.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN