Mohon tunggu...
Cahya Puja Ayu Shintawati
Cahya Puja Ayu Shintawati Mohon Tunggu... Mahasiswa - International Relations Coeds

Mahasiswi Hubungan Internasional - Universitas Amikom Yogyakarta

Selanjutnya

Tutup

Pemerintahan

Ancaman Kelaparan dalam Pembangunan bagi Politik Global

27 Januari 2022   08:52 Diperbarui: 27 Januari 2022   08:56 93 1 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Pemerintahan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Pangan merupakan kebutuhan pokok makhluk hidup yang ada di dunia. Semakin banyak populasi maka semakin banyak juga kebutuhan pangan. Jika pertumbuhan penduduk semakin banyak maka peningkatan kebutuhan pangan harus meningkat juga. Sehingga mengakibatkan kenaikan harga bahan kebutuhan pangan yang menyebabkan penduduk miskin dan keleparan meningkat. 

Selain itu krisis kelaparan disebabkan akgibat isu gangguan iklim di beberapa negara yang menyebabkan gagal panen sehingga stok pangan mengalami penurunan. 

Krisis pangan dan ancaman kelaparan merupakan maslah yang hampir setiap negara di dunia hadapi. Karena factor ketidakmerataan pengelolaan sumber daya alam yang baik. 

Krisis pangan global menyangkut tentang peningkatan populasi dan peningkatan supply pangan masyarakat yang tinggi. Sementara kenaikan supply pangan belum mampu memenuhi kebutuhan masyarakat. 

Hal itu menyebabkan isu ketahanan pangan sangat penting bagi begara karena mencakup aspek politik, ekonomi dan kesehatan masyarakat.

Angka kelaparan dunia meningkat setiap tahunnya karena akibat dari pandemic dan perubahan iklim. Dalam laporan indeks kelaparan global sekitar 50 negara di dunia mengalami peningkatan kelaparan dan lebih dari 2,4 miliar tidak mendapatkan makanan yang bergizi. 

Akibat dari bencana ini masyarakat mengalami kekuarangan gizi, kuaitas makanan yang buruk bahkan kematian pada anak. 

Selain ancaman kelaparan akibat kurangnya persiapan pemerintah dalam menghadapi perubahan iklim. Ancaman ini lebih parah akibat pandemic covid-19 yang terjadi di seluruh dunia. 

Dimana keterbatasan dan pembatasan demi pencegahan penyebaran virus menyebabkan kegiatan perekonomian dunia dihentikan. 

Hal tersebut menyebabkan pengelolaan dan ekspor impor terhambat sementara harga produk dinaikkan. Isu kelaparan menjadi ancaman yang besar bagi setiap negara-negara di dunia. 

Kemiskinan, kelaparan dan kurang gizi telah menghantui masyarakat sebelum maupun sesudah terjadinya covid-19. Sebagai negara yang bedaulat, negara harus melindung dan mensejahterakan rakyatnya dari berbagai konflik dan krisis yang terjadi. Mendapatkan akses makanan yang layak dan bergizi merupakan hak masyarakat yang mendasar. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pemerintahan Selengkapnya
Lihat Pemerintahan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan