Mohon tunggu...
syifa caecar
syifa caecar Mohon Tunggu... Jurnalis - Sekolah Vokasi IPB 55

Komunikasi Sekolah Vokasi IPB 55

Selanjutnya

Tutup

Pemerintahan

Pembangunan Infrasturktur Sukamaju Menuju SDM Berkualitas

4 Maret 2020   09:02 Diperbarui: 4 Maret 2020   09:30 148 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pembangunan Infrasturktur Sukamaju Menuju SDM Berkualitas
Kantor Desa Sukamaju, Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor

Bogor, Megamendung (24/02/20) -- Sumber daya manusia (SDM) merupakan salah satu faktor dalam reformasi ekonomi, yakni bagaimana menciptakan SDM yang berkualitas dan memiliki keterampilan serta berdaya saing tinggi dalam persaingan global. Sukamaju, Kec. Megamendung adalah salah satu daerah yang tingkat ekonominya rendah, hal ini terjadi karena masyarakat di Desa Sukamaju memiliki tingkat pendidikan rendah dan dinilai masih kekurangan SDM untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih baik.

Muhammad Romli (34) selaku bagian Kepemerintahan Kantor Desa Sukamaju, Kec. Megamendung, menanggapi masalah yang dialami warga di daerah tersebut. Ia mengatakan, pendapatan ekonomi di Desa Sukamaju belum mencukupi, dan masih di bawah standar. Masalah ini terjadi dikarenakan tingkat Pendidikan di Desa Sukamaju rendah, serta untuk mencari pekerjaan yang lebih baik masih terkendala dikarenakan faktor SDM.

"SD sudah ada, Paud ada, SMA juga ada, hanya SMP yang tidak memiliki Negeri sehingga dari SD terputus ke SMP karena jangkauannya yang jauh juga faktor biaya, memikirkan hidup sehari-hari susah apalagi menyekolahkan dan membiayai ongkos anak-anaknya." ,ucapnya.

Dengan jumlah Penduduk sebanyak 6.964 dengan Kepala Keluarga berjumlah 2.255,  mayoritas warga di Desa tersebut adalah Buruh Tani dan Buruh Pabrik yang berada diluar Desa Sukamaju. Pekerjaan tersebut rupanya masih belum mencukupi. Sehingga Romli mengatakan, Pemerintah Kantor Desa dan Pemerintah Daerah saat ini sedang berusaha memfasilitasi ifrastruktur untuk meningkatkan perekonomian warga di Desa Sukamaju dengan membangun SMP Negeri di wilayah tersebut, agar jangkauan bagi warga setempat dekat. 

Sebelumnya sebagian warga di Desa Sukamaju tidak banyak yang melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi karena faktor biaya, sehingga Pendidikan warganya terputus sampai tamat SD yang akhirnya hanya bisa bekerja sebagai buruh.

Dengan adanya pembangunan Ifrastruktur tersebut Pemerintah berharap SDM di Desa Sukamaju menjadi meningkat dan merubah taraf hidup perekonomian yang lebih baik, dan berharap warganya bisa melanjutkan pendidikannya yang lebih  tinggi lagi dan mendapatkan pekerjaan yang lebih baik. Upaya ini dilakukan untuk memperkuat pendidikan di Desa Sukamaju agar sejalan dengan kondisi saat ini, di mana populasi angkatan kerja tengah meningkat. Lebih jauh, upaya tersebut juga selaras dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. (SCM)

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN