Mohon tunggu...
Analgin Ginting
Analgin Ginting Mohon Tunggu... Human Resources - Saya seorang pencinta kemanusiaan, suka berbagi untuk kebaikan bersama

Regenerasi dari akun Kompasiana sebelumnya.

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Passion Shin Tae-yong

31 Juli 2022   18:30 Diperbarui: 31 Juli 2022   18:46 115 9 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sumber photo Instagram Shin Tae-yong

Photo Shin Tae Yong dengan Menteri BUMN Erick Tohir dan Presiden Jokowi Viral.  Photo yang diambil saat jamuan makan kenegaraan yang diselenggarakan oleh  Presiden Korea Selatan kepada tamunya Presiden Jokowi, tidak hanya menciptakan kekaguman luar biasa, namun juga menimbulkan sederet pertanyaan.

Pertanyaan paling penting adalah, mengapa Shin Tae Yong diundang ke acara yang sangat terhormat tersebut, padahal sebagai pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong belum ada meraih satu gelar pun? 

Memang ada beberapa prestasi yang cukup membanggakan, namun hal tersbut belum memenuhi target yang diberikan PSSI kepada beliau.  Runner Up piala AFF, meraih medali perunggu di Sea  Games Vietnam dan lolos ke babak Final PIALA ASIA tahun 2023. 

Shin Tae Yong sebagai pelatih salah satu cabang olah raga mungkin menjadi orang yang pertama diundang ke jamuan makan dua orang presiden.  

Sebelum sebelumnya belum pernah ada momentum se unik yang dialami oleh Shin Tae Yong. Oleh sebab itu momentum ini merupakan sebuah apresiasi yang sangat tinggi terhadap pekerjaan Shin Tae Yong, dan saya yakin bagi beliau pun hal ini akan menjadi kebanggaan yang sangat besar. 

Perjumpaan Shin Tae Yong dengan Presiden Jokowi, adalah sebuah hadiah maha besar dari Presiden Korea Selatan kepada anak bangsanya sendiri, yang menyiratkan pengakuan bahwa Coach Shin Tae Yong sudah melakukan pekerjaannya dengan benar. 

Dan itu juga yang kita dengar, bahwa Presiden Jokowi menyampaikan pesan, good work coach STY and go ahead. Teruskan dan tuntaskan pekerjaan karena anda sudah melakukan dengan baik dan benar pekerjaan kepelatihan Anda.

Kita ikut bangga semua, terutama para netizen yang sudah sangat lama merindukan sebuah prestasi dari Timnas Indonesia.   Ada harapan yang dipancarkan oleh Coach Shin Tae Yong.  Harapan akan tercapainya prestasi sepak bola Indonesia dalam beberapa tahun kedepan ini.  Sejauh ini prestasi kepelatihan terbesar Shin Tae Yong adalah dia menciptakan optimisme sepak bola Indoesia.

Saya pribadi tidak terlalu kaget akan apresiasi yang didapatkan Shin Tae Yong.  Karenas sejauh pengamatan saya Shin Tae Yong bukan hanya seorang pelatih, melainkan dia seorang pemimpin seorang leader yang mengetahui apa misinya.  

Leader selalu tahu apa masalah, apa yang harus dicapai dan bagaimana mencapainya. Dan satu lagi Shin Tae Yong sebagai leader bekerja dengan hati dan perhatiannya kepada pemain saat latihan dan saat bermain, sangat total dan sangat serius.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan