Mohon tunggu...
Prasetya Buana
Prasetya Buana Mohon Tunggu... Bwana

Hanya saja harus menulis | Ig: tutur.pelat | prbuana.contact@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas Pilihan

Catat! 6 Manfaat Ini Dapat Kamu Rasakan saat Tugas Sekolah Menumpuk

4 Februari 2021   15:25 Diperbarui: 4 Februari 2021   15:58 244 8 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Catat! 6 Manfaat Ini Dapat Kamu Rasakan saat Tugas Sekolah Menumpuk
Ilustrasi mengerjakan tugas sekolah | Sumber: Pexels.com/olia danilevich 

Sudah berapa bulan kamu mengikuti kegiatan pembelajaran secara daring? Merasa nggak sih selama masa belajar dari rumah ini tugas sekolah yang diberikan guru malah lebih membombardir dari biasanya? Belum lagi tenggat waktunya yang relatif dekat.

Manusiawi kok, kalau otakmu bisa pusing tujuh keliling. Namun, sebelum mengeluh apalagi sampai menyalahkan situasi pandemi. Ketahuilah saat tugas sekolah menumpuk ada beberapa manfaat yang dapat kamu rasakan, lho. Apa saja? Yuk, simak!

1. Menjadikan dirimu sosok yang lebih bertanggung jawab

Sekarang ini statusmu adalah seorang pelajar, karena itu perlu kamu ingat lagi, bahwa sudah menjadi kewajiban bagi setiap pelajar agar selalu giat belajar. Termasuk di dalamnya mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh guru.

Dengan menyelesaikan tugas tepat waktu lalu menyerahkannya kepada guru yang bersangkutan, bukankah kamu telah menjadi seseorang yang bertanggung jawab? Serta telah berhasil menunaikan kewajibanmu sebagai pelajar?

2. Melatih kemampuanmu dalam menetapkan sebuah prioritas

Ketika gurumu memberi segunung tugas yang mesti dikerjakan, tak perlu khawatir, sebab kamu bakal menerima manfaat juga dari hal itu. Yakni, dirimu bakal terlatih dalam menetapkan sebuah prioritas.

Misalnya, saat hendak mengerjakan tugas sekolah pastinya kamu akan coba menyelesaikannya mulai dari yang paling mudah, atau yang memiliki batas waktu pengumpulan paling dekat bukan? Nah, dari hal sepele seperti itulah sadar tidak sadar kamu didorong untuk menetapkan sebuah skala prioritas secara efektif dan efisien.

Nantinya, kemampuan itu bisa kamu terapkan juga di luar aktivitas pembelajaran. Seperti dalam menjalani rutinitas sehari-hari, bahkan di kehidupan karier sekali pun kamu bakal terbiasa dalam menentukan hal apa yang mesti kamu prioritaskan terlebih dahulu.

3. Memberimu kesempatan untuk mempelajari materi lebih lanjut secara mandiri

Terkadang duduk berjam-jam lamanya, menatap layar komputer, mendengarkan penjelasan dari guru tak cukup bagimu untuk memahami satu materi pelajaran yang terbilang sulit ‘kan?

Di sinilah alasan tugas sekolah diciptakan, yaitu supaya kamu bisa mempelajari kembali materi pelajaran tersebut dan memecahkan letak kesulitannya di luar jam belajar. Karena, tugas yang guru berikan biasanya tak akan jauh berbeda dengan materi yang disampaikannya.

Jadi, sembari mengerjakan tugas sekolah kamu juga bisa sekalian memperdalam pelajaran yang sebelumnya kamu anggap sulit.

4. Membantumu menemukan gaya belajar yang sesuai denganmu

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN