Mohon tunggu...
Heru Gunawan
Heru Gunawan Mohon Tunggu... Human Resources - Mahasiswa

manusia pendiam

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Baik Buruknya Media Sosial

6 Mei 2021   18:33 Diperbarui: 6 Mei 2021   18:39 84
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Disini saat akan membagikan pengalam saya dalam menggunakan sosial media mau tiu facebook, whatsapp, instagram, twitter dan laiinya. Sebelum saya membagi pengalaman saya, saya akan menjelaskan apa sih sosial media/media sosial.

Media sosial adalah sebuah media online, dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual. Blog, jejaring sosial dan wiki merupakan bentuk media sosial yang paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia. Di zaman yang seperti sekarang ini setiap orang pasti memiliki akun sosial media seperti instagram, twitter, facebook, atau sosial media laiinya.

Saya akan mulai bercerita pengalaman saya menggunakan sosial media yang dikenal dengan nama facebook. Apa itu facebook dan apa kegunaannya.

Facebook merupakan sebuah jejaring sosial berkantor pusat di Menlo Park, California, Amerika Serikat yang diluncurkan pada bulan februari 2004.  Facebook memiliki lebih dari satu miliar pengguna. Dulu waktu saya smp saya menggunakan facebook hanya untuk mengupdate status berteman dengan teman sekolah di facebook maupun teman dari sekolah lain. Selain itu saya menggunakan facebook untuk berkirim pesan dengan teman maupaun pacar, karena saat itu saya tidak memiliki telepon genggam. Di facebook banyak hal yang dapat kita lakukan. Misalnya, bermain game.

Game yang sering saya mainkan di facebook adalah game ninja saga, kalian pasti juga pernah bermain game ninja saga ini. Dulu dijamannya saya game ini sangat terkenal. Namun, sekarang game ini sudah tidak ada. Selain facebook saya juga sering mengakses youtube, kenapa youtube. Karena di youtube saya dapat mengakses apapun yang ingin saya lihat dan dengarkan. 

Seperti biasa saya sering memlihat tutorial-tutorial tentang game karna saya sangat senang bermain game ataupun mendengarkan musik yang sedang hits. Selain itu saya juga bermain twitter. Menurut saya twitter adalah platform sosial media yang sangat efektif untuk seseorang yang sangat suka menulis. Karena di twitter kita dapat menuliskan sebuah "thread"  thread ini berisi tentang hal-hal yang sangat menarik untuk dibaca. 

Sebagai seseorang yang hanya menggunakan twitter untuk berkeluh kesah. Saya sangat tertarik jika membaca thread-thread misteri. Saya kenal twitter sejak smp dan akun twitter saya masih sama sampai sekarang namun tidak terlalu aktif lagi karena teman-teman sudah pada berpindah ke sosial media lainnya. Selain itu saya juga menggunakan sosial media instagram. 

Instagram adalah sosial media yang sangat canggih menurut saya. Layaknya facebook, instagram memberikan fitur-fitur yang sangat canggih. Ada fitur direct message yaitu kita dapat mengirim pesan ke teman ataupun gebetan hehe. Fitur lainnya yaitu fitur instastory, instastory instagram adalah set foto atau video dari 24 jam terakhir yang tidak muncul di pengikut. Adanya fitur ini agar seseorang tidak harus mengupload foto/video kegiatan mereka di beranda akun mereka. Jika menggunakan instastory itu artinya kita membagikan kegiatan tentang kehidupan kita tapi hanya bertahan dalam 24 jam.

Menurut Hootsuite data tren internet dan media sosial 2020 di indonesia. Total populasi (jumlah penduduk): 272,1 juta. penggunaan mobile unik: 338,2 juta. Pengguna internet: 175,4 juta. Pengguna media sosial aktif: 160 juta. Waktu mengakses media, pengguna di indonesia menghabiskan waktu bervariasi, berikut penjabarannya: Rata-rata setiap hari waktu menggunakan internet melalui perangkat apa pun: 7 jam, 59 menit. 

Rata-rata setiap hari waktu menggunakan media sosial melalui perangkat apa pun: 3 jam, 26 menit. Rata-rata setiap hari waktu melihat televisi (broadcast, streaming dan video tentang permintaan): 3 jam, 4 menit. Rata-rata setiap hari waktu menghabiskan mendapatkan musik: 1 jam, 30 menit. Rata-rata setiap hari waktu bermain game: 1 jam, 23 menit. Ini membuktikan bahwa masyarakat indonesia sangat aktif mengakses sosial media melalui laptop maupun smartphone.

Apa kelebihan dan kekurangan dari sosial media.
Kelebihan sosial media kita dapat mengakses apapun itu, mulai dari berita hari ini, kita dapat mengetahui tentang isi dunia hanya melalui sosial media. Ada ilmu yang kita dapat dari bermain sosial media jika digunakan dengan benar. Sosial media dapat memberikan kita pengalam baru tentang hal yang kita senangi maupun hal yang paling tidak kita sukai. Kekurangan sosial media menurut saya privasi kita kurang terjaga karena semua orang dapat mengakses sosial media kita atau  mengunjungi sosial media kita untuk mengetahui kegiatan kita. Kekurangan lainnya menurut saya sosial media twitter. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun