Mohon tunggu...
Buyung Okita
Buyung Okita Mohon Tunggu... Spesialis Nasi Goreng Babat

Mantan Pembalap Odong-odong

Selanjutnya

Tutup

Keamanan Pilihan

Penting dan Strategisnya Indonesia bagi Perdamaian Pasifik

16 Juli 2020   15:23 Diperbarui: 16 Juli 2020   15:55 64 6 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Penting dan Strategisnya Indonesia bagi Perdamaian Pasifik
asean-community-1024x508-5f10171e097f361a342bbc02.png

Bendera ASEAN

Indonesia memiliki wilayah yang kaya akan sumber daya alam dan lautnya. Melimpahnya SDA tentunya juga diperkaya dengan putra-putri Indonesia juga memiliki potensi yang baik. 

Yang semestinya dengan manajemen dan kebijakan yang baik akan memberikan keberlangsungan lestrainya dan terolahnya SDA dan SDM dengan optimal dan baik. 

Tentunya hal ini tidak dapat dilimpahkan pada tiap individu untuk memberikan dampak dan perubahan secara individual, tetapi seyogyanya bersifat kolektif dari hulu hingga ke hilir.

Salah satu penting dan strategisnya Indonesia bagi dunia, khususnya Asia Pasifik adalah dapat kita lihat kembali melalui sejarah kenapa Jepang pada tahun 1942 menduduki Indonesia yang saat itu dikenal dengan Dutch-East Indies . 

1. Pertama, yaitu karena Indonesia saat itu diduduki oleh Belanda yang notabene merupakan sekutu dari Inggris-Perancis-Soviet-Amerika. Dengan mengusir belanda dari kependudukan di Indonesia membuat Jepang dapat melebarkan kekuasaanya sampai ke Asia Tenggara dan mengurangi salah satu ancaman dari negara sekutu yaitu belanda. 

2. Kedua dengan menduduki Indonesia dan beberapa negara Asia Tenggara lain, Jepang dapat mendirikan pangkalan militer di Indonesia. 

3. Dengan mendirikan pangkalan militer di Indonesia dapat menahan serangan dan mengamankan wilayah dari ancaman pasukan Asutralia dan Nezzealand yang didukung oleh Inggris di selatan. Pasukan dari Inggris dan India di Barat dan banyaknya pasukan sekutu dan Amerika di wilayah laut dan kepulauan Pasifik.

4. Mendapatkan dukungan sumber daya alam dan sumber daya manusia dari Indonesia, yang digunakan untuk kepentingan sumber daya perang.

5. Menguasai kilang minyak Hindia Belanda.

Instalasi Minyak di Pasifik
Instalasi Minyak di Pasifik

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN