Mohon tunggu...
Bustamin Wahid
Bustamin Wahid Mohon Tunggu... Nika

Bustamin Wahid ad/ Alumni Universitas Negeri Gorontalo.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Irnawati, S. Hut., MP: Perpustakaan adalah Perjumpaan & Jantungnya Universitas

3 Juli 2019   08:09 Diperbarui: 3 Juli 2019   09:01 0 1 1 Mohon Tunggu...
Irnawati, S. Hut., MP: Perpustakaan adalah Perjumpaan & Jantungnya Universitas
Istimewa

Kepala Perpustakaan (perpus) Universitas Muhammadiyah Sorong (UM Sorong) Ibu Irnawati, katakan bahwa perpustakaan adalah perjumpaan dan jantungnya universitas. Karena perpus itu adalah perjumpaan ide-ide pendahulu, dan kebaruan ide-ide dilahirkan untuk menjamah kehidupan manusia, ungkap Irna saat jumpa diruang kerja senin kemarin. 

Perpus bagian dari ruang sunyi, perdebatan, dialog, kolokium dan menulis. Dengan tradisi itulah, perpus menjadi bagian terpenting dalam universitas. Ketika orang-orang yang merutinkan aktifitas di ruang-ruang perpustakaan memiliki konstruksi logik dan berupaya untuk terus mengikat  ilmu pengetahuan. 

Lanjut,  Irnawati katakan bahwa Perpus UM Sorong menyediakan dokumen-dokumen riset (jurnal,  simposium,  skripsi,  risalah-risalah dosen) dan sekitar 12 ribu judul buku. Upaya untuk menjaga  kebaruan dokumen-dokumen riset dan buku terus dilakukan setiap saat. Tak kalah pentingnya adalah kerjasama/mitra inovasi. 

Foto: Perpus UM Sorong
Foto: Perpus UM Sorong
Perpus UM Sorong bukan saja untuk fasilitas mahasiswa, dosen dan warga muhammadiyah,  tapi terbuka untuk masyarakat umum. Kepentingannya adalah peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM), sebab literasi perpustakaan bagian dari komitmen UM Sorong, harapan-harapan membangun Papua dengan ilmu dan ketulusan terus dituntaskan setiap langkah. (ZEA)