Mohon tunggu...
Burhan Sanjaya
Burhan Sanjaya Mohon Tunggu... pecinta kuliner nusantara

instagram : @burhan_wicaksana

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

Alumni BLK Grobogan, Berwirausaha di Tengah Pandemi Covid-19

16 Juli 2020   13:02 Diperbarui: 16 Juli 2020   12:57 19 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Alumni BLK Grobogan, Berwirausaha di Tengah Pandemi Covid-19
Bakso Super BUNG TOMO. Dokpri

Pademi covid-19 membuat semuannya menjadi serba susah, sendi-sendi ekonomi banyak yang terganggu akibat dari covid-19. Banyak perusahaan besar maupun kecil mulai mengurangi jumlah karyawannya, angka pengangguran di berbagai wilayah mulai meningkat imbas dari pengurangan karyawan tersebut. Pusat perbelanjaan seperti mall dan pasar tradisional di berbagi daerah juga sepi pengunjung dan pembeli, menurunnya jumlah pengunjung dan pembeli membuat pendapatan para pedagang menjadi berkurang.

Sungguh covid-19 tidak hanya bisa merenggut nyawa seseorang, secara tidak langsung covid-19 juga telah merenggut pekerjaan dan penghasilan sebagian besar masyarakat, baik di indonesia maupun di mancanegara.

Susahnya mencari pekerjaan di masa wabah pandemi covid-19 ini, membuat salah satu temanku di BLK sebut saja namanya Royhana (23 th) berpikir untuk membuka usaha sendiri. Bertempat di selatan perempatan majenang kota purwodadi, grobogan. Royhana merintis sebuah usaha kuliner bakso dan mie ayam. Makanan dari olahan daging sapi tersebut ia pilih karena masih menjadi salah satu makanan favorit warga masyarakat kota purwodadi, grobogan.

Materi soft skill yang didapatkan dari pelatihan di BLK mulai ia praktekkan, bagaimana memulai sebuah usaha, bagaimana me-branding sebuah usaha, semuanya ia coba terapkan di usaha barunya ini. Terbukti tidak lama setelah memulai usaha kuliner bakso dan mie ayam, usaha yang royhana jalani mulai ramai. Tidak lupa protokol kesehatan tetap ia terapkan di masa pandemi ini.

Kemarin malam (15 juli 2020) pukul 18.45 wib, aku menyempatkan diri mampir ke tempat dimana royhana membuka usaha. Sebuah banner agak besar bertuliskan BAKSO DAN MIE AYAM BUNG TOMO terpampang jelas di depan usahanya royhana. Bukan tanpa alasan ia memberi nama usahanya dengan nama pahlawan nasional asal surabaya. Semangat perjuangan bung tomo ingin ia tiru dalam menghadapi masa pandemi covid-19 ini.

Aku sendiri sempat mencicipi bakso dan mie ayam buatan royhana, dan menurutku rasanya enak tidak kalah dari bakso-bakso lainnya. Secara tidak langsung royhana juga telah membantu pemerintah dalam mengurangi angka pengangguran di negeri ini, tampak ada beberapa orang yang sudah ia pekerjakan. Semoga sosok dari Royhana ini bisa menginspirasi kita semua.

Mie Ayam spesial BUNG TOMO. Dokpri
Mie Ayam spesial BUNG TOMO. Dokpri

VIDEO PILIHAN