Mohon tunggu...
Burhan Naufal
Burhan Naufal Mohon Tunggu... Id

-

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Malas Sarapan Bikin Cepat Gemuk?

16 Juli 2020   21:50 Diperbarui: 16 Juli 2020   21:39 9 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Malas Sarapan Bikin Cepat Gemuk?
Sumber : pxhere.com

Sarapan termasuk pesan gizi seimbang (PGS) dalam pesan keenam yang berbunyi " Biasakan Sarapan Pagi Sebelum Beraktivitas". Sayangnya, semakin kesini sarapan jarang dilakukan. Entah itu karena sibuk, tidak sempat karena mengejar waktu dan tidak bisa mempersiapkan sarapan dengan cepat sering jadi alasan melewatkan sarapan. Ada juga yang tidak mau sarapan karena takut gemuk.

Padahal sarapan pagi itu sangatlah penting dan banyak manfaatnya, diantaranya :

  • Sarapan pagi membantu menurunkan resiko kegemukan
  • Dengan kata lain malas sarapan membuat mudah gemuk, Menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan oleh American Journal of Epidemiology (2003) orang yang melewatkan sarapan cenderung lebih cepat gemuk 4,5 kali dibandingkan mereka yang rutin sarapan. Sehingga, mereka yang sering tidak sarapan justru lebih mudah mengalami kegemukan dan obesitas.
  • Sarapan membantu meningkatkan konsentrasi dan ingatan lebih kuat
  • Hasil penelitian yang ditulis dalam Journal of Adolescent Health. Remaja usia 13 - 20 tahun yang sarapan memiliki ingatan jangka pendek yang lebih baik. Tetapi harus diingat bahwa sarapan tinggi kalori (misalnya gorengan atau mie instant plus nasi) justru tidak bagus karena dapat membuat seseorang sulit konsentrasi.
  • Sarapan menurunkan rasa lapar yang berlebihan pada siang hari
  • Hal ini disebabkan karena penghambatan hormon yang bertugas meningkatkan motivasi makan
  • Sarapan pagi memberikan energi tambahan yang dapat menunjang aktivitas sepanjang hari
  • Sarapan pagi dapat mengontrol kolestrol dengan baik
  • Dengan menu sarapan sehat, seseorang akan memiliki kadar kolesterol yang lebih terkontrol. Penelitian yang ditulis dalam the American Journal of Clinical Nutrition menunjukkan bahwa mereka yang melewatkan sarapan memiliki kadar kolesterol dan tingkat sensitif insulin yang buruk.

Untuk itu, Yuk mulai sekarang biasakan sarapan pagi setiap hari. Pilihlah sarapan yang sehat dan bergizi untuk memberikan energi yang baik sepanjang hari.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x