Mohon tunggu...
Eko Nurhuda
Eko Nurhuda Mohon Tunggu... Penulis - Pekerja Serabutan

Menuliskan apa saja yang menarik hati, terutama sepak bola dan sejarah. Apresiasi boleh disalurkan melalui https://trakteer.id/bungeko. #YNWA

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Mengenang Selebrasi Diving Luis Suarez di Hadapan David Moyes

28 Oktober 2022   01:18 Diperbarui: 28 Oktober 2022   18:54 172
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Luis Suarez melakukan selebrasi bergaya swallow dive saat mencetak gol ke gawang Everton, 28 Oktober 2012. FOTO: via Liverpool Echo

LUIS Suarez itu cuma jago diving, kata David Moyes jelang Merseyside Derby di Goodison Park. Tidak terima, Suarez menjebol gawang The Tofees dan merayakannya dengan cara ... menjatuhkan diri di hadapan (waktu itu) manajer Everton tersebut!

Inilah highlight yang membuat Derby Merseyside ke-219 pada 28 Oktober 2012, tepat hari ini pada 10 tahun lalu, ramai diberitakan media Inggris. Selebrasi diving Suarez tersebut menjadi salah satu momen ikonik sepanjang sejarah Premier League.

Drama dan ketegangan memang selalu jadi bumbu pertemuan Liverpool melawan Everton. Bahkan sebelum laga digelar, sudah sangat biasa jika kedua kubu saling melempar psywar lewat media.

Itulah pula yang dilakukan Moyes saat timnya bersiap menjamu Liverpool di pekan ke-9 Premier League 2012/13. Kepada media dia terang-terangan menyindir Suarez, andalan utama The Reds di lini depan.

Apalagi yang dijadikan bahan oleh Moyes kalau bukan kebiasaan buruk Suarez sendiri, yakni diving? Manajer (waktu itu) Everton tersebut mengatakan si striker Uruguay adalah perusak sepak bola dan membuat orang tak mau lagi menonton pertandingan.

"Para penonton akan berbalik badan jika mereka terus-terusan melihat ada pemain yang menjatuhkan dirinya sendiri di atas lapangan," ujar Moyes dalam konferensi pers jelang pertandingan, seperti saya kutip dari BBC Sport (27/10/2022).

Sebetulnya kalimat itu disampaikan Moyes dalam konteks seringnya terjadi kontroversi terhadap keputusan wasit di sepanjang sejarah Merseyside Derby. Moyes juga berharap agar timnya tak lagi dirugikan wasit oleh kelalaian wasit.

"Kami seringkali diperlakukan dengan sangat buruk oleh keputusan wasit yang buruk," tambah Moyes. "Menurut saya penting untuk mempunyai seseorang yang dapat dengan tepat mengidentifikasi mana pelanggaran yang baik dan mana yang layak dihukum."

Namun seolah menyiramkan minyak ke dalam api, ucapan Moyes tadi disambar oleh sejumlah media sensasional. Setelah ditambahi bumbu-bumbu sedemikian rupa, jadilah liputan yang memuat kutipan jauh dari makna aslinya.

Benar-Benar Diving

Agaknya Suarez terpancing oleh kutipan ucapan Moyes tersebut. Dia memang tidak membalas komentar sang manajer tim tetangga di media. Alih-alih, striker Uruguay ini menjawabnya langsung di atas lapangan keesokan hari.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun