Mohon tunggu...
Eko Nurhuda
Eko Nurhuda Mohon Tunggu... Penulis - Pekerja Serabutan

Menuliskan apa saja yang menarik hati, terutama sepak bola dan sejarah. Apresiasi boleh disalurkan melalui https://trakteer.id/bungeko. #YNWA

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Masih Ngotot Minta PSSI Gabung EAFF? Baca Dulu Pendapat Ini

9 Agustus 2022   09:13 Diperbarui: 9 Agustus 2022   09:17 107 6 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Para pemain Indonesia melakukan sujud syukur usai mencetak gol ke gawang Myanmar di Piala AFF U19, Juli 2022 lalu. FOTO: Twitter/PSSI

BEBERAPA waktu lalu sempat santer lagi isu kepindahan PSSI dari Federasi Sepak Bola ASEAN (AFF) ke Federasi Sepak Bola Asia Timur (EAFF). Bahkan PSSI sempat memberi jawaban-jawaban diplomatis yang mengindikasikan kemungkinan tersebut bisa saja terjadi.

Pemantik kabar di atas adalah balasan surat dari AFF atas nota protes Indonesia. Seperti diketahui, PSSI mengajukan surat yang meminta AFF menginvestigasi dugaan adanya main mata dalam pertandingan Thailand vs Vietnam di fase grup Piala AFF U19 2022, Juli lalu.

Kita masih ingat betul, partai terakhir di Grup A tersebut berakhir imbang 1-1. Thailand dan Vietnam sama-sama lolos ke semifinal berbekal poin 11. Indonesia yang mengantungi poin sama musti tersingkir karena pada saat bertanding melawan kedua tim tersebut hanya bisa imbang 0-0.

AFF menegaskan jika tak ada indikasi kecurangan, main mata, maupun tindakan lain yang menciderai fair play dalam pertandingan Thailand vs Vietnam U19 tersebut. Artinya, protes PSSI tertolak begitu saja. Padahal sudah menunggu jawaban sekian lama.

Dari sinilah lantas meletup kembali wacana pindah federasi. Netizen yang kecewa atas tanggapan AFF lantas berteriak lantang di media sosial, ramai-ramai mendesak agar PSSI segera keluar dari AFF.

Yang paling kencang disuarakan adalah agar PSSI pindah ke EAFF saja. Bahkan nama pelatih timnas Shin Tae-yong ikut dicatut sebagai salah satu penyokong ide tersebut. Benang merahnya, Coach Shin adalah orang Korea Selatan sedangkan Korsel merupakan member EAFF.

Konyol dan Kekanak-kanakan?

Menanggapi kegaduhan ini, saya sempat melontarkan satu pertanyaan di Quora. Maksudnya tentu saja meminta pendapat dari para Quoran, istilah bagi netizen yang lebih suka 'nongkrong' di platform tanya-jawab tersebut ketimbang Twitter, Instagram, atau Facebook.

Pertanyaan saya kala itu simpel saja: Setujukah kamu dengan wacana PSSI keluar dari AFF dan pindah ke EAFF? 

Karena tengah jadi topik seksi, tanpa menunggu lama langsung muncul beberapa jawaban. Dari sekian penjawab, ada setidaknya dua pendapat yang menurut saya sangat menarik. Saya merasa terwakili oleh kedua jawaban tersebut.

Jawaban menarik pertama diberikan oleh Quoran bernama Randy Prananta. Tanpa tedeng aling-aling, di kalimat awal saja dia langsung mengatakan jika niatan PSSI tersebut "konyol dan kekanak kanakan sekali."

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan