Mohon tunggu...
Eko Nurhuda
Eko Nurhuda Mohon Tunggu... Penulis - Pekerja Serabutan

Menuliskan apa saja yang menarik hati. Singgah ke https://bungeko.com juga, ya. #YNWA

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Piala AFF Ganti Nama (Lagi) Mulai Edisi 2022

28 Juni 2022   22:07 Diperbarui: 28 Juni 2022   22:26 114 3 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Para pemain Indonesia di Piala AFF 2020. FOTO: AP via Bola.net

PIALA AFF 2022 bakal bergulir pada Desember mendatang. Pada kesempatan inilah Shin Tae-yong akan kembali mencoba peruntungan membawa timnas Indonesia sebagai juara. Jika itu terwujud, maka Tim Garuda bakal memboyong piala dengan nama baru.

Ya, sejak edisi ke-14 mendatang, Piala AFF atau nama resminya AFF Championship bakal berganti sponsor utama. Suzuki yang telah menemani kiprah negara-negara Asia Tenggara berkompetisi menjadi yang terbaik sejak 2008, memutuskan menarik diri.

Gelaran Piala AFF 2020 tahun lalu merupakan kali terakhir kejuaraan ini dilabeli AFF Suzuki Cup. Sebagai gantinya, masuk sponsor asal Jepang lainnya: Mitsubishi Electric. Dengan demikian Piala AFF 2022 nanti bakal memiliki nama resmi AFF Mitsubishi Electric Cup.

Ikatan kerja sama antara AFF dan Mitsubishi Electric diumumkan di Hanoi pada 23 Mei 2022. Acara ini dihadiri secara langsung oleh Presiden AFF Mayor Jenderal Khiev Sameth, Corporate Executive and Chief Representative Asia Pacific Region of Mitsubishi Electric Corporation Kunihiko Seki, serta Malcolm Thorpe selaki Managing Director SPORTFIVE untuk kawasan Asia Tenggara.

SPORTFIVE adalah agen pemasaran olahraga yang bermarkas di Hamburg, Jerman. Perusahaan inilah yang memegang peranan penting dalam mengegolkan Mitsubishi Electric sebagai sponsor utama Piala AFF sejak edisi 2022.

Bagi Mitsubishi Electric, langkah ini merupakan sebuah peningkatan dalam hal status sebagai sponsor. Sebelumnya perusahaan elektronika tersebut sudah menjadi sponsor Piala AFF. Dari sponsor biasa, kini menjadi sponsor utama.

Selaku sponsor utama kompetisi, Mitsubishi Electric memiliki hak untuk disematkan namanya dalam nama resmi kejuaraan. Brand ini juga akan menyandang status resmi di seluruh platform pemasaran. Dengan demikian diharapkan Mitsubishi Electric akan mendapatkan keuntungan dari eksposur merek yang signifikan di seluruh Asia tenggara.

Nama Mitsubishi Electric juga bakal ditampilkan pada turnamen tambahan yang diadakan AFF, termasuk saluran digital acara, iklan TV di dalam stadion, papan iklan di perimeter, dan penempatan produk di setiap stadion tempat berlangsungnya pertandingan.

Tambahan lain, Mitsubishi Electric berhak untuk menjadi mitra bagi anugerah Pemain Terbaik.  Ini menarik karena pada Piala AFF 2020 lalu, sponsor untuk pemain terbaik di setiap pertandingan adalah Oppo. Padahal sponsor resmi kejuaraan adalah Suzuki.

Pengumuman resmi kerja sama AFF dengan Mitsubishi Electric di Hanoi, 23 Mei 2022. FOTO: AFF
Pengumuman resmi kerja sama AFF dengan Mitsubishi Electric di Hanoi, 23 Mei 2022. FOTO: AFF

Bukan Kali Pertama

Pergantian nama ini bukan yang pertama terjadi sepanjang sejarah Piala AFF. Sudah dua kali AFF berganti sponsor utama. Dengan demikian, sudah dua kali pula nama resmi Piala AFF berganti.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan