Mohon tunggu...
Eko Nurhuda
Eko Nurhuda Mohon Tunggu... Penulis - Pekerja Serabutan

Menuliskan apa saja yang menarik hati. Singgah ke https://bungeko.com juga, ya. #YNWA

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Mengejutkan! Indonesia Lolos ke Piala Dunia Tahun Ini

24 Juni 2022   03:30 Diperbarui: 24 Juni 2022   03:34 1976 12 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Para pemain timnas Garuda Inaf melakukan sujud syukur di Bangladesh. FOTO: Persatuan Sepak Bola Amputasi Indonesia (PSAI)

KABAR gembira kembali datang bagi sepak bola nasional. Timnas Indonesia dipastikan menjadi salah satu kontestan Piala Dunia Amputasi 2022! Ini sebuah kejutan yang sangat tidak disangka-sangka, bahkan oleh para pemain yang turut bertanding selama putaran prakualifikasi.

Sayangnya, tak seperti gegap-gempita menyambut kelolosan tim asuhan Shin Tae-yong ke Piala Asia 2023, berita satu ini malah sepi-sepi saja. Nyaris tak ada media yang mengangkat. Netizen di sosial media pun tidak seramai usai Marc Klok, dkk. mengempaskan Nepal 7-0.

Padahal lolosnya timnas Indonesia ke Piala Dunia Amputasi 2022 juga diwarnai satu pesta gol. Bahkan jumlah gol yang dilesakkan tim Garuda Inaf--sebutan untuk timnas amputasi--ke gawang lawan lebih banyak, yakni 8-0.

Berangkat dalam Sepi

Kepastian Indonesia sebagai salah satu kontestan Piala Dunia Amputasi 2022 diperoleh pada pertengahan Maret lalu. Kala itu timnas yang diperkuat eks pemain Persib Bandung, Aditya, sukses mengatasi lawan-lawan mereka di putaran prakualifikasi yang dihelat di Bangladesh.

Tergabung bersama tim kuat Jepang, Malaysia dan tuan rumah Bangladesh, timnas Garuda Inaf sukses meraih dua kemenangan. Satu-satunya kekalahan didapat kala menantang Jepang, tetapi tidak menghalangi kelolosan ke putaran final.

Jika Marc Klok en vrienden menang telak 7-0 atas Nepal di Kualifikasi III Piala Asia 2023, maka timnas Garuda Inaf mencatatkan kemenangan 8-0 atas tuan rumah Bangladesh. Lalu tetangga sekaligus musuh bebuyutan Malaysia ditekuk tiga gol tanpa balas.

Menghadapi Jepang, para pemain timnas Garuda Inaf tidak berkutik sama sekali. Mereka gagal mencetak gol dan harus puas meninggalkan lapangan dengan kekalahan 0-2.

Namun demikian dua kemenangan atas Bangladesh dan Malaysia sudah cukup. Indonesia berhak mendapat satu tiket ke putaran final yang akan digelar di Turki, Oktober 2022.

Meski pulang membawa prestasi skala dunia, timnas Garuda Inaf tidak mendapat sambutan seheboh timnas asuhan Shin Tae-yong. Malah pemberitaan atas mereka baru ramai belakangan ini, setelah Persatuan Sepak Bola Amputasi Indonesia (PSAI) melakukan pendekatan ke sana-sini demi mendapat dukungan.

Pada saat berangkat ke Bangladesh pun timnas amputasi tidak mendapat spot pemberitaan. Sekjen PSAI Rusharmanto Sutomo bercerita pada BBC Indonesia,  dirinya tak kuasa menahan air mata kala melepas para pemain ke Bangladesh untuk mengikuti kualifikasi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan