Mohon tunggu...
Bunga Ristyana
Bunga Ristyana Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswi prodi S1 PGSD

Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Pengaruh Karakteristik Peserta Didik di Sekolah Dasar terhadap Pendidikan

4 Desember 2020   08:37 Diperbarui: 4 Desember 2020   09:14 168
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

NAMA  : BUNGA RITIANA

NIM      : 191330000404

KELAS : 3PGSDA1

PENDAHULUAN

Pendidikan adalah tempat atau wadah dimana peserta didik mendapatkan pengalaman baru dan wawasan baru yang belum pernah ia dapatkan sebelumnya dilingkungannya. Pendidikan di sekolah dasar adalah lingkungan kedua setelah lingkungan keluarga dan tempat belajar pertama yang akan menjadi dasar ia akan menjadi apa nanti dan menentukan ke jenjang apa selanjutnya. 

Dalam proses pembelajaran di sekolah dasar peserta didik memiliki ciri, kemampuan dan karakter yang berbeda-beda yang akan mempengaruhi terhadap pendidikannya. Untuk itu seorang pendidik tidak boleh memperlakukan semua peserta didik itu sama, tetapi seorang pendidik harus mampu mempelajari karakter dari setiap peserta didik untuk menciptakan proses pembelajaran yang efektif. 

Pada zaman sekarang banyak muncul kasus yang menunjukkan lemahnya karakter kebangsaan dari para pelajar muda, contohnya seperti kasus bullying, tawuran antar pelajar, kasus penggunaan narkoba pada anak dibawah umur, kekerasan pada anak, perselisihan antara suku, dll. 

Dari beberapa kasus tersebut diakibatkan karena lemahnya karakter kebangsaan pada diri anak. Untuk itu perlu adanya pendidikan karakter pada anak sejak dini dan dapat dimulai sejak memasuki usia Sekolah Dasar. Tujuan pendidikan karakter tersebut termuat dalam program pemerintah yang diterbitkan dalam Peraturan Presiden nomor 87 pasal 2 tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter (PPK), Yang bertujuan: 

1) Membangun dan membekali peserta didik sebagai generasi emas Indonesia tahun 2045 dengan jiwa Pancasila dan pendidikan karakter yang baik guna menghadapi dinamika perubahan di masa depan, 

2) Mengembangkan platform pendidikan nasional yang meletekkan pendidikan karakter sebagai jiwa utama dalam penyelenggaraan pendidikan jalur formal, nonfromal, dan informal dengan memperhatikan keberagaman budaya Indonesia dan, 

3) Merevitalisasi dan memperkuat potensi dan kompetensi pendidik, tenaga kependidikan, peserta didik, masyarakat, dan lingkungan keluarga dalam implementasi PPK (Perpres No 87 Pasal 2, 2017). Pendidikan karakter bertujuan untuk menjadikan peserta didik sebagai penerus bangsa yang memiliki akhlak dan moral yang baik, untuk menciptakan kehidupan berbangsa yang aman, adil dan makmur (Putri, 2018: 38). Sebelum melakukan pendidikan karakter pada anak ada baiknya seorang pendidik harus memahami karakteristik peserta didik di sekolah dasar terlebih dahulu yang akan menjadi pembahasan materi pada esay ini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun