Mohon tunggu...
Bunga Oktami
Bunga Oktami Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Sriwijaya

Saya suka dengan hal baru yang menarik, seperti menonton atau jalan jalan ke tempat baru bersama orang orang baik di lingkungan saya.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Jangan Ragu Ikut Posyandu

28 November 2022   08:17 Diperbarui: 28 November 2022   08:35 48
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

“POSYANDU BALITA SRIKANDI KENCANA”

Posyandu merupakan bentuk pelayanan masyarakat yang dilakukan sebulan sekali sekaligus menjadi wadah pemeliharaan kesehatan yang dilakukan dari, oleh dan untuk masyarakat yang dibimbing petugas terkait. Keberadaan posyandu dimasyarakat mempunyai peranan yang sangat besar, karena menyangkut pemenuhan kebutuhan yang sangat vital bagi kesehatan ibu dan anak. Dengan demikian perlu adanya peningkatan pengetahuan dan pemahaman kader posyandu mengenai proses tata laksana posyandu yang efektif. 

Pelaksanaan kegiatan posyandu di Perumahan PERSADA RT.108 Sako, Palembang ini dilakukan rutin setiap bulan. Sehingga kesehatan ibu dan anak dapat di konsultasikan langsung sekaligus berbagi pengalaman mengenai hal apa yang harus dilakukan pertama kali ketika anak demam dan sebagainya.

Tujuan Posyandu :

  • Menurunkan angka kematian bayi (AKB), angka kematian ibu (ibu hamil), melahirkan dan nifas.
  • Membudayakan NKBS
  • Meningkatkan peran serta masyarakat untuk mengembangkan kegiatan kesehatan dan KB serta kegiatan lainnya yang menunjang untuk tercapainya masyarakat sehat sejahtera.
  • Berfungsi sebagai wahana gerakan reproduksi keluarga sejahtera, gerakan ketahanan keluarga dan gerakan ekonomi keluarga sejahtera.

dokpri
dokpri

dokpri
dokpri

"Kegiatan posyandu rutin yang kami lakukan setiap awal bulan merupakan bentuk himbauan dari Kelurahan yang kami realisasikan di perumahan persada RT.108 sako, dan banyak ibu hamil maupun balia yang turut partisipasi di posyandu balita srikandi kencana. harapannya, semakin banyak ibu dan balita yang tertarik mengikui salah satu program pemberdayaan ini sehingga pemenuhan kesehatan ibu dan anak berkembang dengan baik" ucap ibu kurniati, selaku petugas Posyandu perumahan persada RT.108 Sako, Palembang. 

Faktor–Faktor yang Mempengaruhi Kedatangan Ibu di Posyandu: (Widiastuti. 2006)

  • Pengetahuan ibu tentang manfaat posyandu.
  • Motivasi ibu untuk membawa anaknya ke posyandu
  • Dukungan dan motivasi dari kader posyandu dan tokoh masyarakat
  • Sarana dan prasarana di posyandu Jarak dari posyandu tersebut.

Posyandu merupakan sarana bagi para ibu untuk menambah pengetahuan dan berbagi pengalaman tentang kesehatan ibu dan anak, baik dengan petugas kesehatan maupun dengan peserta posyandu lainnya. Dengan pengetahuan yang baik, diharapkan kualitas kesehatan ibu dan anak dapat meningkat. 

Pihak posyandu akan merujuk anak ke dokter atau fasilitas kesehatan jika anak mengalami sakit demam, batuk, pilek, dan diare, serta saat berat badan anak berada di bawah garis merah. Kegiatan dan manfaat posyandu bisa semakin dirasakan jika diikuti secara rutin. Jadwal pelayanan posyandu juga dikembangkan oleh pengurus RT/RW, kader posyandu, atau petugas puskesmas di lingkungan tempat tinggal. Jadi, jangan Ragu Untuk Ke Posyandu yaa.. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun