Mohon tunggu...
Bunga Nurrahmah
Bunga Nurrahmah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Suka mencoba hal hal yang baru

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Penerapan Sistem Pengendalian Manajemen di PT Alpha Energi Internusa

7 Desember 2022   13:27 Diperbarui: 7 Desember 2022   13:37 170
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Sistem Pengendalian Manajemen banyak diperlukan pada sebuah perusahaan, memiliki peran yang cukup besar untuk perkembangan perusahaan. Setiap perusahaan sudah pasti memiliki standar pengendalian nya . Semakin baik suatu sistem pengendalian tersebut, maka akan sangat berpengaruh untuk kualitas perusahaan.  Sistem Pengendalian Manajemen merupakan suatu upaya yang di lakukan perusahaan untuk mencapai suatu tujuan yang diinginkan dengan mengendalikan semua orang yang ada di dalamnya.

Saat ini saya bekerja di PT. Alpha Energi Internusa, sebuah perusahaan yang bergerak dalam kegiatan industrial . Perusahaan tersebut baru berdiri pada Oktober 2022, meskipun perusahaan yang baru dijalankan beberapa bulan ini, PT. Alpha Energi Internusa menjalankan bisnis nya dengan Sistem Pengendalian Manajemen yang efektif dan efisien.

Pertama, pada tahap pemrograman, PT. Alpha Energi Internusa menciptakan peluang kerja bagi karyawan nya agar dapat bekerja kapan dan dimanapun yaitu "Virtual Office" dengan memanfaatkan teknologi yang semakin berkembang dan canggih di era yang semakin pesat. 

Kedua, pada tahap penganggaran, dengan memiliki Virtual Office tidak ada kegiatan kantor yang dilakukan secara tatap muka. Minim nya pengeluaran untuk biaya operasional, tata ruang, perangkat keras. Penghematan tersebut berpengaruh pada margin keuntungan yang memungkinkan untuk terus mengembangkan bisnisnya. 

Ketiga, pada tahap operasi dan akuntansi, Saat ini semua yang berhubungan dengan akuntabilitas di perusahaan tersebut masih serba manual sambil menunggu pemrograman di masa yang akan datang 

Keempat, pada tahap Pengukuran dan penilaian kinerja karyawan, Tolak ukur sebuah kualitas dan kinerja karyawan merupakan hal yang sangat penting di perhatikan untuk mengembangkan sebuah bisnis.

Dan kelima, pada tahap Laporan dan Analisis menjadi sebuah tinjauan yang akan di tinjau kembali perlu atau tidaknya penambahan program yang lain bahkan program tersebut dapat di hilangkan.

Sudah pasti setiap perusahaan memiliki tujuan nya masing-masing, tetapi sebuah strategi bisnis yang digunakan dalam perusahaan untuk mencapai tujuan tersebut dengan menerapkan kinerja sesuai dengan apa yang diharapkan oleh perusahaan. Dengan penerapan prinsip-prinsip pengendalian yang baik dapat membantu dalam menjaga Good Governance pada PT. Alpha Energi Internusa.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun