Mohon tunggu...
Bungan Tcania Paulina Grace
Bungan Tcania Paulina Grace Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa Statistika UNDIP

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Kejar Ketertinggalan! Mahasiswa KKN UNDIP Terjun Edukasi Berhitung dan Membaca kepada Anak-Anak di SDN 01 Pakintelan

9 Agustus 2022   13:37 Diperbarui: 9 Agustus 2022   13:45 116 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pakintelan, Gunungpati (8/7/2022) — Selama tanggal 18 sampai 28 Juli 2022 lalu, mahasiswa KKN Tim II UNDIP di Kelurahan Pakintelan, Kecamatan Gunungpati, Kota Semarang melakukan rangkaian kegiatan mengajar kepada anak-anak di SDN 01 Pakintelan. Kegiatan yang berlangsung selama dua minggu ini meliputi perkenalan metode berhitung pertambahan, pengurangan, serta pelatihan membaca dan menulis.

Peserta yang mengikuti kegiatan ini adalah seluruh anak-anak kelas 3 dan beberapa kelas 2, kelas 4, dan kelas 5. Latar belakang dilaksanakannya kegiatan ini berawal dari keluhan yang disampaikan sendiri oleh Kepala Sekolah SDN 01 Pakintelan mengenai dampak pandemi COVID-19 pada murid-muridnya. Selama pandemi, para guru kurang bisa memantau secara langsung perkembangan tiap murid, sehingga ketika tahun ajaran baru 2021/2022 dimulai dan dilaksanakan secara luring kembali, para guru sadar banyak murid yang masih kurang bisa membaca, menulis, dan berhitung.

(Dok. pribadi)
(Dok. pribadi)

Dengan permasalahan tersebut, mahasiswa Tim II KKN UNDIP berinisiatif menawarkan diri untuk membantu murid-murid ini. Kegiatan pertama yang dilakukan mahasiswa adalah berpartisipasi dalam kegiatan mengajar di dalam kelas 3 untuk memperkenalkan kembali perhitungan sederhana dan matematika dasar. Kegiatan ini disambut antusias oleh anak-anak, karena selain metode pembelajaran berlangsung interaktif, banyak anak-anak yang aktif bertanya, menjawab pertanyaan yang diajukan mahasiswa, dan mereka saling mengajarkan kepada teman yang kesulitan menangkap materi.

(Dok. pribadi)
(Dok. pribadi)

Kegiatan selanjutnya yang dilakukan oleh mahasiswa adalah memperkenalkan kembali huruf, angka, kemudian mengajar membaca dan menulis pada anak-anak yang tertinggal. Kegiatan ini dilakukan setiap hari pada siang hari pada kegiatan ekstrakulikuler berlangsung. Tentunya, murid-murid ini senang dan merasa sangat terbantu dengan adanya program ini karena dalam dua minggu saja, perubahan signifikan dapat terlihat pada murid-murid ini. Harapannya, anak-anak ini tetap rajin belajar secara mandiri di rumah dan rutin meninjau kembali pelajaran yang telah disampaikan agar mereka dapat mengejar ketertinggalan pelajaran selama ini.

Penulis: Bungan Tcania Paulina Grace

Fakultas/Jurusan: Fakultas Sains dan Matematika/Statistika

Dosen Pembimbing Lapangan: Ir. Hermin Werdiningsih, M.T..

Lokasi : Kelurahan Pakintelan, Kecamatan Gunungpati, Kota Semarang

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan