Mohon tunggu...
ENI  Rahayu
ENI Rahayu Mohon Tunggu... Penulis - Blogger, content writer

Teacher, Blogger, Mompreneur, Writer bundadzakiyyah.com | bundaeni.com

Selanjutnya

Tutup

Money Pilihan

Inovasi Marketing Online bersama JNE

9 November 2018   22:29 Diperbarui: 9 November 2018   22:35 514
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dunia marketing sudah makin kompleks, jika pelaku bisnis tidak bisa meningkatkan kemampuannya dalam bidang marketing maka bisa dipastikan akan tersisihkan secara otomatis. Bagaimana tidak? Jika teknologi dan informasi saaat ini deras sekali lajunya. Kalau tidak mau tergeser oleh bisnis-bisnis baru yang semakin marak dengan bidang online, ya harus belajar.

Untuk itulah Komunitas Bolang Kompasiana menggelar diskusi tentang marketing online bersama JNE pada 28 Oktober 2018. Saya pun tidak ingin ketinggalan, sebagai pebisnis online saya juga harus upgrade ilmu donk. Mengambil bagian sebagai peserta diskusi, saya datang bersama teman-teman Komunitas Bolang ke Private Bar Hotel Atria Malang yang berada di Jl. Letjend S. Parman No.87 - 89.

Acara berlangsung seru karena selain talkshow dan tanya jawab, ada sosial media competition dan kuis juga. Nih acara semakin keren dan beken karena pematerinya yang luar biasa dan berkompeten di bidangnya. Ada Whindiarto Yudistiro (Kabag. Sales & Marketing JNE), Niken Paramita (Pelaku Bisnis Online), Selamet Hariadi dan Ikrom Zain (Kompasianer Malang yang berkecimpung di konten dan media online).

Alhamdulillah dapat banyak ilmu dan nambah wawasan, tidak hanya tentang marketing online tapi juga dunia kepenulisan. Diskusi pertama dibuka oleh Sarifah Nazriah selaku Public Relation JNE Malang yang menjelaskan tentang profil JNE (Jalur Nugraha Erakurir).

Tak Kenal Maka Tak Sayang, Kenalan Yuk Dengan JNE!

JNE adalah perusahaan dalam bidang kurir ekspres dan logistic yang bermarkas di Jakarta yang memiliki beberapa pelayanan (service) yaitu OKE (Ongkos Kirim Ekonomis), REG (Regular), YES (Yakin Esok Sampai) dan SS (Spesial Service). Jujur deh, saya baru tahu kalau OKE, REG, dan YES ini ada kepanjangannya. Hahaha... Ketahuan deh kalau malas browsing. Hampir selalu pakai regular.

Pengin biaya pengiriman yang murah? Pilih layanan OKE aja, tarifnya relative ekonomis. Estimasi waktu pengiriman sekitar 5-7 hari setelah dikirim. Biasanya paket OKE khusus untuk barang berat atau berukuran besar. Layanan REG membutuhkan waktu estimasi pengiriman sekitar 2-3 hari kerja (setelah dikirim) sedangkan paket YES membutuhkan estimasi 1 hari saja setelah barang dikirim. Nah, untuk Anda yang ingin barang kiriman sampai pada hari itu juga bisa menggunakan spesial service atau biasa disebut super speed.

Sekarang JNE juga sudah memiliki pelayanan JNE Trucking yang dapat melayani pengiriman dalam jumlah besar. Jika diperhitungkan layanan ini bisa muat lebih banyak dengan harga yang lebih murah lho!

Bisa nggak sih kirim makanan lewat JNE? Bisa banget! Malahan JNE punya layanan khusus lho, namanya PESONA atau Pesanan Oleh-oleh Nusantara. Pesona JNE adalah layanan pengiriman makanan kuliner khas Indonesia. Anda tidak perlu pergi ke suatu tempat hanya karena ingin mencicipi kuliner khasnya. Kunjungi aja web PESONA JNE atau buka aplikasinya di smartphone dan pilih makanan khas daerah yang Anda inginkan.

Pada kesempatan diskusi ini, ada juga pelaku bisnis online yang sudah bertahun-tahun menggunakan layanan JNE hingga dapat akses gratis ke Moskow. Wih, mantul alias mantap betul ya. Adalah Niken Paramita yang selalu mengirimkan barang pesanan pelanggan dengan JNE. Melalui JNE Loyality Card (JLC) Niken mengumpukan poin yang akhirnya bisa mengantarkannya jalan-jalan ke Moskow secara gratis.

Niken mengaku sukses menjalankan bisnisnya melalui instagram karena target pasarnya adalah anak muda. Nah, di era digital ini siapa sih yang tidak mengenal media sosial instagram? Hanya satu dari seribu anak yang tidak tahu, bukan? Hal inilah yang kemudian membuat Niken fokus jualan di instagram.

Oiya, JLC itu apa sih? JNE Loyalty Card (JLC) adalah program keanggotaan yang ditujukan kepada pelanggan setia JNE. Pelanggan yang memiliki JLC akan mendapatkan berbagai keuntungan seperti kecepatan layanan, potongan harga pada saat periode promo, dan hadiah undian yang sangat menarik.

Selain itu ada reward satu poin untuk setiap transaksi senilai 25 ribu rupiah di JNE. Nah, melaui poin tersebut pelanggan bisa menukarkannya dengan hadiah menarik atau diskon khusus di banyak merchant. Pendaftarannya gratis dan bebas biaya bulanan. Untuk bergabung juga cukup mudah, cukup mengisi formulir secara online di situs resmi JLC (jlc.jne.co.id) dan ikuti petunjuknya.

Tips Menulis Konten Kreatif

Pernah mendengar istilah "Content is The King"? Yup, memiliki platform blog sebagus apapun kalau kontennya ecek-ecek alias kurang nendang ya sama aja bohong. Maksudnya adalah konten itu paling penting dalam menjaring massa agar mau datang ke rumah maya kita. Apalah artinya sebuah blog jika tidak ada pengunjungnya?

Untuk itulah Ikrom Zain dan Selamet Hariadi sharing tentang Konten Kreatif. Nah, kedua pembicara ini aktif menulis di Kompasiana dan beberapa kali meraup pundi-pundi rupiah dari hobi menulisnya tersebut.

Menurut Ikrom kunci utama agar bisa ngeblog secara konsisten adalah menikmatinya dan tidak menjadikan aktivitas ngeblog sebagai beban. Selain itu harus bisa membuat konten yang kreatif dengan cara sebagai berikut.

  1. Tulis dengan gaya sendiri
  2. Buatkan konten yang bermanfaat bagi pembaca
  3. Tulislah konten seperti orang yang sedang bercerita
  4. Ajak pembaca untuk terlibat dalam tulisan
  5. Buat konten yang bersifat persuasive
  6. Perhatikan tata bahasa

Blogger yang aktif menulis sejak 2008 ini juga membagikan tips memenangkan lomba lho, apa saja ya?

  1. Baca ketentuan dengan seksama, jangan sampai udah capek nulis eh tidak sesuai dengan ketentuannya.
  2. Tandai poin-poin penting dan buatlah kerangka karangannya.
  3. Olah data dan fakta secara menarik, jika perlu bikin infografis.
  4. Tambahkan  gambar dan video agar tulisanmu lebih maksimal.

Selain Ikrom Zain ada Selamet Hariadi yang juga sedikit mengulas tentang pentingnya konten di media sosial. Untuk menarik pengunjung, buatlah konten yang menarik sehingga tanpa harus mengemis pun like dan komen akan muncul.

Sebelum acara berakhir ada beberapa kuis untuk para peserta diskusi dan motivasi dari Iwan Nugroho. Acara ditutup dengan foto bersama. Semoga acara berfaedah seperti ini sering-sering terlaksana ya, karena selain mendapatkan ilmu sekaligus menjalin silaturahmi antar anggota Bolang Kompasiana.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun