Mohon tunggu...
Bule Jowo
Bule Jowo Mohon Tunggu... Guru - Mhs unisnu

Pgsd a7

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Apakah Itu Konsep Dasar BK?

15 November 2019   00:05 Diperbarui: 15 November 2019   00:07 1060 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Apakah Itu Konsep Dasar BK?
Edukasi. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

ESSAY

TEMA : KONSEP DASAR BK dan model bk

Sebelum membahas lebih jauh tentang konsep dasar bimbingan dan konseling, saya akan memaparkan terlebih dahulu pengertian bimbingan dan konseling.

Apa itu yang di maksud bimbingan?

Bimbingan adalah proses bantuan terhadap individu untuk mencapai pemahaman diri dan pengarahan diri yang dibutuhkan untuk melakukan penyesuaian diri yang dibutuhkan untuk melakukan menyesuaian diri secara maksimum kepada sekolah, keluarga dan mesyarakat.(Miller, 1961)

Bimbingan yang di maksud adalah bantuan yang diberikan Guru kepada siswa untuk mengatur atau mengembangkan pandangan hidupnya sehingga mampu membuat keputusan sendiri dan menanggung bebannya sendiri. Konsep bimbingan tak lepas dari kata konseling.

Sedangkan konseling adalah serangkaian kegiatan paling pokok dari bimbingan dalam usaha untuk membantu konsel/klien secara tatap muka dengan tujuan agar klien dapat mengambil tanggung jawab sendiri terhadap berbagai persoalan/masalah khusus. (Winkel, 2005)

Apa juga yang di maksud konseling?

Konseling memiliki pengertian yang sama dengan bimbingan. Bedanya konseling lebih bersifat individual dan professional antara konselor yang terlatih dengan klien. untuk membantu klien memahami dan memperjelas pandangan terhadap ruang lingkup hidupnya.

Sebelumnya, istilah "Bimbingan" berdiri sendiri sama sekali tidak mengandung pengertian konseling. Kemudian periode berikutnya Kata "Bimbingan" dan "Konseling" (BK) di gunakan bersamaan meskipun maknanya menjadi ambigu karena dalam satu kata berisi dua makna. Kemudian mengalami perkembangan lanjutan hingga istilah "konseling" berdiri sendiri sekaligus dia memuat pengertian bimbingan juga di dalamnya.

Lantas apa Β yang di maksud bimbingan dan konseling?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan