Mohon tunggu...
Khoirul Muttaqin
Khoirul Muttaqin Mohon Tunggu... Wiraswasta - Literasi: Membaca, Praktik, mengulas, dan menulis

@bukutaqin

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

Ulasan Buku Sains Fiksi dari Penulis Indonesia: Red Zone by Alfan Darmawan

25 September 2021   19:55 Diperbarui: 25 September 2021   19:57 93 5 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ulasan Buku Sains Fiksi dari Penulis Indonesia: Red Zone by Alfan Darmawan
Sampul buku/Dok. Pribadi

Pada awal tahu jika Red Zone adalah buku sains fiksi. Saya senang, karena salah seorang pernah berkata jika "Indonesia bakal lebih 'maju' apabila buku-buku sains fiksi banyak ditulis oleh masyarakat kita". Tentunya dibarengi pula dengan dibaca oleh masyarakat kita.

Perlu saya batasi jika "sains fiksi" yang di sini merujuk pada labeling buku.

Sebelum memberi ulasan tentang buku. Gambaran seperti apa isi Red Zone terlebih saya berikan. Tentunya tidak akan banyak dan kalian yang belum membacanya tidak perlu khawatir.

Buku ini bercerita tentang sebuah perjalanan seorang laki-laki bernama Alan Runner. Pada awalnya ia hanya ingin pulang ke Philadelphia bertemu keluarga. Namun ada hal yang tidak beres terjadi. Tiba-tiba saja pesawat yang ia tumpangi berbalik arah.

Informasi-informasi lain mulai bermunculan seiring gangguan-gangguan juga datang tiba-tiba. Misalnya saja mengenai ponsel yang tiba-tiba tidak bisa ada sinyal. Lalu tentang pendaratan pesawat yang tidak sesuai tujuan. Juga, tiba-tiba banyak tenaga medis yang mengenakan hazmat saat mereka turun.

Dari sini, perjalanan Alan Runner dimulai.

Namun perlu diketahui apabila antagonis dari cerita ini adalah sebuah pandemi yang mematikan. Sehingga Alan Runner berupaya untuk menyelamatkan dirinya dan keluarganya. Musuh terbesarnya bukanlah manusia yang berwatak jahat atau manusia lainnya.

Deskripsi pribadi tentang Red Zone dalam tiga paragraf

1. Novel ini menggunakan sudut pandang orang ketiga serba tahu. Meski tokoh utama di sini adalah Alan Runner. Ada beberapa tokoh lagi yang akan menjadi temannya. Mereka ditemukan Alan dalam perjalanan. Namun perjalanan Alan bisa dikatakan tidak mudah. Dia berjalan menyusuri harapan tanpa petunjuk sama sekali.

2. Perjalanan untuk mencari jalan keluar agar tetap hidup. Karena novel ini menceritakan sebuah virus varian baru yang mematikan. Alan Runner mencari solusi agar terhindar virus tersebut. Apalagi keadaan yang serba bahaya akan membuat salah langkah sedikit saja, mendatangkan malaikat pencabut nyawa.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobi Selengkapnya
Lihat Hobi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan