Mohon tunggu...
Khoirul Muttaqin
Khoirul Muttaqin Mohon Tunggu... Wiraswasta - IG: @bukutaqin

Halo 🙌 Semoga tulisan-tulisan di sini cukup bagus untuk kamu, yaa 😘🤗

Selanjutnya

Tutup

Hobby

Menulis Novel Online: Kebiasaan Buruk Suami

13 Juli 2021   16:06 Diperbarui: 13 Juli 2021   16:58 1025
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foto buku. Sumber: Dok. Pribadi

Bulan Juli 2021 adalah awal saya menulis novel Kebiasaan Buruk Suami. Saat tulisan ini diunggah, novel tersebut bahkan belum tamat. Malahan masih lima belas bab saja. Sedangkan untuk ukuran novel online. Lima belas itu terlalu sedikit.

Novel ini saya unggah di platform Hotbuku. Kali kedua saya menulis novel , setelah menulis di platform NovelMe. Novel pertama saya berjudul Niko, The Invisible Rich.

Bagi saya, menulis novel bukan perkara mudah. Apalagi di platform yang saya ikuti. Di sini (baik Hotbuku maupun Novelme) mengharuskan penulis update setiap hari. Hingga novel tamat.

Bulan Juni lalu saya mulai terjun ke NovelMe, dan menulis buku pertama. Ya ampun, rutinitas saya berubah total. Jam tidur, jam makan, jam melakukan aktivitas lain. Semua serba kacau balau.

Lantas bulan ini (Juli 2021), mulai tanggal satu saya mengunggah novel kedua. Dengan rutinitas yang sudah mulai tertata. Menulis seakan sudah bisa menjadi hal yang harus saya lakukan setiap hari.

Yah, walaupun masih jauh dari target saya. Setidaknya dalam sehari, saya hampir selalu menulis dan menghasilkan minimal satu bab. (Dalam satu bulan, biasanya hanya bolong sampai tiga hari tidak menulis).

Sungguh, pencapaian yang sangat luar biasa. Karena pada bulan sebelumnya (Mei), saya hampir tidak menulis sama sekali. Ya, selain menulis di media sosial tentunya.

Memperkenalkan Novel Saya: Kebiasaan Buruk Suami

Saya ingin memperkenalkan novel baru saya. Tentunya, jangan berharap jika kualitas tulisannya sudah bagus. Mafhum, baru bulan kedua menulis novel. Apalagi, saya juga baru saja belajar mengenai platform yang saya ikuti.

Seperti yang sudah saya sebutkan. Novel saya berjudul Kebiasaan Buruk Suami (Hotbuku:2021). Barangkali, kamu mau mampir ke novelku. Aku pasti akan sangat bahagia.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun