Mohon tunggu...
Endang Setyaningsih
Endang Setyaningsih Mohon Tunggu... dosen

Endang Setyaningsih adalah staf pengajar di Prodi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP UNS. Minat pada pengajaran dan penelitian meliputi bidang Reading, Critical Literacy, dan Digital Literacy.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Ngajar Apa Ya Besok: The Series (Ep.1)

19 November 2019   15:01 Diperbarui: 19 November 2019   15:06 0 1 0 Mohon Tunggu...

Tulisan ini adalah potongan rutinitas saya sebagai pengajar yaitu merencanakan pengajaran. Semacam curhat tapi semoga bermanfaat. Rencananya akan saya buat ber-seri dan umur episodenya tidak ditentukan oleh rating namun mood sutradara (abal-abal) ini.

 "Introducing genre and different forms of texts" 

Menurut jadwal, itu adalah apa yang saya harus sampaikan di kelas esok hari. Kelas esok dalah kelas Reading tingkat perguruan tinggi (semester 1). Materi yang akan dipakai esok sebenarnya sudah mulai saya cicil dari awal semester. Kebiasaan saya adalah menggunakan masa jeda dan awal semester untuk mendaftar, mengurutkan, dan mengumpulkan material yang relevan untuk pembelajaran satu semester. Ada 2 topik teks yang bisa saya pilih. Yang satu topik tentang lingkungan, dan yang lain tentang gender. Saya akhirnya memilih topik yang pertama, dan topik kedua bisa saya gunakan lain kali.

Besok saya akan menggaris bawahi fungsi dan tujuan teks serta penulis sebagai rasional pemilihan 'bungkus' tujuan/ fungsi tersebut. Saya akan coba mengajak mahasiswa berdiskusi at least pada dua poin berikut: (1) bahwa suatu teks dengan topic bahkan fokus yang sama bisa memiliki fungsi dan tujuan yang berbeda sehingga 'wrapping' nya pun berbeda. (2) bahwa teks dengan 'wrapping' yang berbeda bisa jadi memiliki tujuan/ fungsi yang sama.

Materi yang akan saya gunakan adalah (1) sebuah teks satir "Fresh Air will Kill You" oleh Art Buchwald (seorang humorist dan columnist ternama Washingtom Post pada masanya). Jika ada yang berminat membaca tesk nya ada di https://studfile.net/preview/841901/page:12/ (2) sebuah meme tentang air pollution, dan (3) sebuah puisi yang ditulis oleh siswa sekolah dasar yang saya ambil dari. https://dnr.wi.gov/topic/AirQuality/PoetryContest.html.

Ini akan menjadi bahan diskusi mahasiswa terhadap dua poin yang akan digarisbawahi dalam perkuliahan. Pada pembelajaran hari esok, memang baru pada tahap introduction dengan tujuan agar mahasiswa memikirkan bahwa jenis teks adalah pilihan penulis yang didasarkan pada tujuan atau fungsi yang diinginkannya (termasuk target reader, expected reaction, dll). 

Dengan pemahaman ini, diharapkan mahasiswa dapat kemudian memahami bahwa urutan atau langkah suatu genre baik yang generic maupun optional adalah bagian dari konsekuensi tujuan/ fungsi teks yang akan disampaikan. Bagian lain adalah pemilihan tense, konjungsi, kelas kata, struktur dan unsur kebahasaan lain.   

Sekarang tinggal memikirkan langkahnya. Yang terpikir di benak saya adalah diskusi tapi bagaimana diskusi dilaksanakan?

Oke saya coba rancang diskusi dalam 2 tahap.

Langkah pertama, sebelum dibagikan, 3 teks dicopy rangkap 2 dan masing-masing dimasukkan ke dalam amplop agar hanya diketahui oleh kelompok yang menerima saja.

Lalu kelas dibagi menjadi 6 kelompok secara acak dengan cara hitung 1-6. Tiap 2 kelompok akan mendapatkan teks yang sama. Misal kelompok 1 dan 2 mendapat teks 1, kelompok 3 dan 4 mendapat teks 2, kelompok 5 dan 6 mendapat teks 6.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN