Mohon tunggu...
Budi Septiawan
Budi Septiawan Mohon Tunggu... Dosen - Menulis adalah pesan bagi generasi mendatang jika kita sudah mati. Pesan bahwa kita pernah hidup dan berkontribusi pada kehidupan

Penulis adalah Dosen Tetap Program Studi Akuntansi Universitas Pasundan Bandung

Selanjutnya

Tutup

Digital

Memanfaatkan Teknologi Informasi Bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Tengah Pandemi Covid-19

27 Juni 2021   22:05 Diperbarui: 28 Juni 2021   05:44 141 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sumber Gambar : https://suaraaisyiyah.id/berdaya-lewat-ekonomi-digital/

Indonesia resmi memiliki perusahaan digital berstatus decacorn ! Ya, bergabungnya Gojek dan Tokopedia yang merupakan raksasa bisnis digital di Indonesia beberapa waktu yang lalu, semakin memperkuat sinyal bahwa Indonesia siap menatap cerah potensi bisnis digital.  

GoTo akan menjadi motor penggerak ekonomi digital di Indonesia, dimana para mitra yang terdiri dari para driver ojek dan UMKM (merchant) akan ikut berperan sejalan dengan GoTo dalam meningkatkan dan memutar roda perekonomian bangsa. 

Hanya ada satu benang merah dan paling utama dalam memajukkan ekonomi bangsa, khususnya ekonomi digital dan ditangan para pelaku UMKM, apa itu ? 

Tidak lain dan tidak bukan adalah Internet, ya Internet ! Bahkan seorang William Tanuwijaya yang merupakan CEO Tokopedia pernah berujar bahwa generasi muda saat ini adalah generasi paling beruntung di dunia, apa dasarnya ? Beruntung karena bisa belajar dan tahu banyak hal dengan internet, bersekolah, bekerja dan berbisnis juga dengan internet. 

Pandemi Covid-19 telah merubah banyak hal, dimulai dari pola belajar dan pola bekerja, sampai dengan melahirkan model-model bisnis yang baru, yang pasti semua kebiasaan baru tersebut melibatkan internet, tidak bisa tidak, karena ruang gerak manusia terbatas selama pendemi. 

Di satu sisi internet tidak terbatas ruang dan waktu, internet terus berpenetrasi bergerak ke seluruh penjuru manapun yang dia kehendaki, dengan demikian pandemi ini memunculkan satu hipotesis mendasar yakni : "siapapun yang menguasai internet, informasi dan teknologi, maka dialah yang menguasai permainan" permainan disini mengacu pada banyak hal tentunya, bisnis dan ekonomi termasuk di dalamnya. Selama periode pandemi Covid-19 ini, semua orang pasti selalu bersinggungan dengan internet. Tidak terkecuali pebisnis UMKM yang juga bisa memanfaatkan teknologi informasi yang ada, sehingga dapat menjadi "asisten" dalam menjalankan bisnisnya  

Para pelaku UMKM perlu mengelola informasi dengan baik, untuk menghasilkan keputusan yang akurat dan bertujuan kepada business continuity (keberlangsungan bisnis). 

Keberlangsungan usaha merupakan aspek tertinggi dalam bisnis UMKM, proyeksi jangka panjang dan terus beroperasi harus lebih diprioritaskan selama pandemi ini, dibandingkan hanya memperoleh laba dan tidak ada aspek continuity. 

Banyak UMKM yang telah memanfaatkan teknologi informasi dalam kegiatan bisnisnya, mereka menjual produknya di marketplace GoFood, GrabFood, Tokopedia misalnya, menjual produknya melalui sosial media seperti WA atau facebook. Ditengah pandemi seperti ini para UMKM jelas bisa bertumpu pada internet dan teknologi informasi untuk "bertahan hidup". Penulis akan coba memberikan rekomendasi teknologi informasi yang bisa dimanfaatkan oleh pebisnis UMKM

1. Pembelian : Mengotomatisasi Prosedur Pembelian dengan Google Drive   

Aktivitas pembelian bahan baku merupakan proses bisnis dimana pebisnis akan berhubungan dengan pemasok sebagai pihak eksternal. Pebisnis bisa memanfaatkan aplikasi Gdrive atau aplikasi sharing project lainnya untuk memperbaharui status persediaannya, dimana para pemasok diberikan hak akses atas Gdrive tersebut dan membiarkan pemasok melihat status persediaan. Diharapkan secara otomatis para pemasok mitra UMKM dapat menawarkan barang dan mengirimkannya sesuai kuantitas, kualitas dan tepat waktu. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Digital Selengkapnya
Lihat Digital Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan